ANALISIS LEARNING LOSS PADA ANAK USIA DINI di GUGUS V BULELENG

Damanik, Indah Cahayani (2023) ANALISIS LEARNING LOSS PADA ANAK USIA DINI di GUGUS V BULELENG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911061009-COVER.pdf

Download (134kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911061009-ABSTRAK.pdf

Download (66kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911061009-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (131kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911061009-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911061009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911061009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911061009-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911061009-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911061009-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Learning loss atau kehilangan pengetahuan merupakan kondisi dimana anak kehilangan prestasi dan keterampilan dalam perkembangan akademis yang terjadi karena terhentinya pembelajaran dalam dunia pendidikan. Perubahan proses pembelajaran yang semula tatap muka di kelas berubah sesuai Surat Edaran Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Anak usia dini ialah kelompok anak yang berada dalam proses pertumbuhan dan berkembangan yang bersifat unik. Anak usia dini merupakan individu yang sedang mengalami proses tumbuh kembang yang sangat pesat, bahkan dapat dikatakan sebagai lompatan perkembangan. Metode penelitian ini adalah deskripsif kualitatif dengan menggunakan data primer yang diambil dari informan kunci. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa yang memiliki risiko terjadinya learning loss adalah anak yang mengalami pergantian pembelajaran dari online ke offline dengan mengalami penurunan 6 aspek perkembangan yaitu : moral dan agama, fisik motorik, bahasa, kognitif, sosial-emosial, dan seni. Hal tersebut dibenarkan karena pada awal pembelajaran semester ganjil banyak anak usia dini yang mengalami penurunan kualitas pembelajaran dalam pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Learning loss, Anak Usia Dini, Pendidikan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Indah Cahayani Damanik
Date Deposited: 26 Jul 2023 04:49
Last Modified: 26 Jul 2023 04:49
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17041

Actions (login required)

View Item View Item