Astika, I Wayan Regeg (2020) IDENTIFIKASI KONSEPSI DALAM MATERI TEKANAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613071014-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613071014-ABSTRAK.pdf Download (186kB) |
|
Text (PENDAHULUAN)
1613071014-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (45kB) |
|
Text (KAJIAN TEORI)
1613071014-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) | Request a copy |
|
Text (METODELOGI PENELITIAN)
1613071014-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (456kB) | Request a copy |
|
Text (HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613071014-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (592kB) | Request a copy |
|
Text (PENUTUP)
1613071014-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613071014-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (229kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613071014-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskriksikan dan menjelaskan tentang (a) profil konsepsi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Singaraja pada topik tekanan zat serta penerapannya dan (b) faktor-faktor yang penyebab miskonsepsi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Singaraja pada topik tekanan zat. Penelitian ini dilakukan pada tahun pelajaran 2019/2020 semester genap di SMP Negeri 1 Singaraja. Penelitian ini mempergunakan pendekatan mix method (campuran). Sampel yang digunakan yaitu 77 orang. Metode pengumpulan data yang dilaksanakan mempergunakan tes diagnostik, wawancara, dan studi dokumen. Sebelum tes diagnostik digunakan, terlebih dahulu dilakukan validasi ahli umtuk menguji validitas soal dan uji coba tes untuk menguji validitas, tingkat kesukaran, daya beda dan reliabilitas tes tersebut. Hasil validitas 24 soal valid, tingkat kesukaran 14 soal tergolong mudah, 4 soal tergolong sedang dan 7 soal tergolong sukar. Hasil uji daya beda 4 soal tergolong buruk, 4 soal tergolong cukup, 6 soal tergolong baik, dan 11 soal tergolong sangat baik. Hasilnya, tes diagnostik yang digunakan memiliki nilai reliabilitas sebesar 0,46 yang menunjukkan bahwa soal ini memiliki reliabilitas sedang. Data dianalisis menggunakan tes diagnostik,trankrip wawancara, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) konsepsi siswa terdiri atas 56, 25% siswa yang tergolong miskonsepsi, 25,75% siswa yang paham konsep, dan 18% siswa yang paham konsep, (b) ragam miskonsepsi yang dialami siswa tedapat pada konsep penerapan tekanan zat padat, penerapan hukun boyle, penerapan tekanan hidrostatis, penerapan Hukum Archimedes, aplikasi Hukum Archimedes, aplikasi tekan zat gas, (c) dari hasil analisis terdapat siswa mengalami miskonsepsi yang besifat resisten (d) faktor-faktor penyebab miskonsepsi siswa berdasarkan hasil analisis sumber-sumber konsepsi yang berasal dari siswa sendiri yaitu salah satunya kurangnya minat belajar siswa dalam mengikuti pelajaran. Kurang persiapan siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Kata kunci: konsepsi, miskonsepsi, sumber miskonsepsi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | konsepsi, miskonsepsi, sumber miskonsepsi |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | I Wayan Regeg Astika |
Date Deposited: | 23 Jun 2020 11:41 |
Last Modified: | 23 Jun 2020 11:41 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1705 |
Actions (login required)
View Item |