AN ANALYSIS OF EIGHTH-GRADE STUDENTS’ MOTIVATION IN LEARNING ENGLISH LISTENING SKILL AT SMP NEGERI 1 NUSA PENIDA USING AUGMENTED REALITY-BASED APPLICATIONS

Pratama, Dewa Gede Saka (2023) AN ANALYSIS OF EIGHTH-GRADE STUDENTS’ MOTIVATION IN LEARNING ENGLISH LISTENING SKILL AT SMP NEGERI 1 NUSA PENIDA USING AUGMENTED REALITY-BASED APPLICATIONS. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1812021036-COVER.pdf

Download (462kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1812021036-ABSTRAK.pdf

Download (175kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812021036-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (166kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812021036-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812021036-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812021036-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1812021036-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812021036-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (196kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1812021036-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motivasi siswa terhadap demonstrasi aplikasi Hologo dan JigSpace berbasis augmented reality dalam pembelajaran keterampilan menyimak bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengaplikasikan tiga teknik yaitu observasi, survei, dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah 52 siswa kelas delapan SMP Negeri 1 Nusa Penida. Berdasarkan hasil observasi, diketahui bahwa siswa cenderung termotivasi pada pembelajaran menyimak dengan menggunakan aplikasi AR. Namun, peneliti juga menemukan sedikit penurunan motivasi pada siswa terhadap penggunaan AR karena dua factor utama; fasilitas dan intelektualitas. Selanjutnya, berdasarkan hasil angket dan wawancara, ditemukan bahwa siswa cenderung memberikan respon positif pada penggunaan AR dalam pembelajaran menyimak. Kecenderungan siswa mengarah pada jawaban mengenai manfaat baik yang didapatkan selama belajar keterampilan menyimak dengan media AR. Dengan demikian, integrasi AR disumsikan mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Selain itu, penggunaan AR juga cenderung dianggap mampu memberikan manfaat pada peningkatan belajar siswa, terutama dalam keterampilan menyimak bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: motivasi siswa, keterampilan menyimak bahasa Inggris, augmented reality
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Dewa Gede Saka Pratama
Date Deposited: 26 Jul 2023 02:48
Last Modified: 26 Jul 2023 02:48
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17090

Actions (login required)

View Item View Item