Utami, Ni Putu Dewi (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK (E-LKPD) IPA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK 5M BERMUATAN KEARIFAN LOKAL UNTUK SMP/MTs KELAS VIII SEMESTER II. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1713071055-COVER.pdf Download (241kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1713071055-ABSTRAK.pdf Download (45kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713071055-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (83kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713071055-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (180kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713071055-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (176kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713071055-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (277kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1713071055-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (53kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713071055-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (134kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1713071055-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Fokus riset ini ialah meningkatkan salah satu fitur pendidikan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD). Tujuan riset ini merupakan buat meningkatkan E-LKPD berbasis Pendekatan Saintifik 5M bermuatan kearifan lokal pokok bahasan getaran, gelombang, serta bunyi. Jenis riset ini ialah jenis riset pengembangan model 4D yang meliputi 4 tahapan ialah 1) Define (Pendefinisian), 2) Design (Perancangan), 3) Develop (Pengembangan) serta 4) Disseminate (Penyebaran). Tetapi, riset ini hanya sampai tahap Develop (Pengembangan). Subjek penelitian ini ialah ahli IPA, guru IPA, serta partisipan didik kelas VIII SMP Negara 2 Melaya. Tipe data yang diperoleh berbentuk kuantitatif serta informasi kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari skor hasil evaluasi instrumen validasi, kepraktisan serta keterbacaan sebaliknya data kualitatif diperoleh dari pendapat serta anjuran oleh validator, praktisi, serta partisipan didik. Instrumen riset yang digunakan merupakan lembar uji validasi, lembar uji kepraktisan serta lembar uji keterbacaan E-LKPD. Metode analisis data berbentuk metode analisis kuantitatif serta metode analisis kualitatif. Validasi E-LKPD IPA dicoba oleh 2 orang ahli isi pendidikan di bidang IPA dari dosen Fisika serta Pengajaran IPA Universitas Pembelajaran Ganesha. Uji kepraktisan dicoba oleh 5 orang guru SMP Negara 2 Melaya. Uji keterbacaan E-LKPD IPA dicoba terbatas oleh 10 orang partisipan didik SMP Negara 2 Melaya. Hasil riset pengembangan menampilkan kalau (1) Skor uji validasi buat totalitas aspek 4, 5 dengan kriteria sangat valid, (2) Skor uji kepraktisan dari guru buat totalitas aspek merupakan 4,7 dengan kriteria sangat instan, (3) Skor uji keterbacaan merupakan 4,7 serta masuk kriteria sangat terbaca. Bersumber pada uji validasi, uji kepraktisan, uji keterbacaan bisa disimpulkan kalau E-LKPD IPA berbasis Pendekatan Saitifik 5M layak dari segi kevalidan, kepraktisan, serta keterbacaan E- LKPD namun masih bisa dibesarkan kembali.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-LKPD IPA, Pendekatan Saitifik 5M, Kearifan Lokal |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | NI PUTU DEWI UTAMI |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 05:15 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 05:15 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17100 |
Actions (login required)
View Item |