PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN APLIKASI CLASSCRAFT TERHADAP BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS XI MA HIDAYATULLAH

Anas, Azwar (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN APLIKASI CLASSCRAFT TERHADAP BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS XI MA HIDAYATULLAH. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1913011056-COVER.pdf

Download (405kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1913011056-ABSTRAK.pdf

Download (160kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913011056-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (115kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913011056-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913011056-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913011056-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1913011056-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913011056-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (154kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1913011056-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kajian ini didasarkan pada rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis siswa sehingga menyebabkan kekurangmampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Hal ini disebabkan kurang mampunya siswa dalam mengidentifikasi masalah, menganalisis, mengevaluasi, dan menarik sebuah kesimpulan dalam pemecahan masalah matematika. Tujuan kajian ini ialah mencari tahu pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan aplikasi classcraft terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Jenis kajian ini ialah Quasi experiment dengan menggunakan desain Post Test Only Control Group Design. Populasi dari kajian ini tersusun atas 4 kelas yakni kelas XI IPS 1, XI IPS 2, XI IPS 3, XI IPS 4 di MA Hidayatullah, yang kemudian ditentukan sampel mempergunakan teknik Cluster Random Sampling sehingga diperoleh 2 kelas selaku sampel penelitian yakni kelas XI IPS 2 selaku kelas eksperimen dan kelas XI IPS 3 selaku kelas kontrol. Setelah data terkumpul, teknik analisis data mempergunakan Uji T – one way dengan taraf signifikansi 5%. Berlandaskan pada hasil analisis kajian didapat t_hitung= 7.419 > t_tabel = 1.672. Hasil ini mengindikasikan bahwasanya kemampuan berpikir matematis peserta didik yang ikut dalam kegiatan belajar mempergunakan model PBL berbahan aplikasi classcraft lebih baik dibandingkan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik dengan kegiatan belajar konvensional. Maka, model pembelajaran PBL memberi dampak secara positif terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik kelas XI di MA Hidayatullah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: berpikir kritis matematis siswa, Problem Based Learning, matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Azwar Anas
Date Deposited: 26 Jul 2023 03:46
Last Modified: 26 Jul 2023 03:46
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17124

Actions (login required)

View Item View Item