Mirayanti, Ni Putu Ririn (2023) Efektivitas Problem Based Learning berbantuan Flipbook dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Sistem Reproduksi Kelas XI di SMA Negeri 2 Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1913041004-COVER.pdf Download (936kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1913041004-ABSTRAK.pdf Download (171kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913041004-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (202kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913041004-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (497kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913041004-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (728kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913041004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (480kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1913041004-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (168kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913041004-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (322kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1913041004-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Problem Based Learning berbantuan Flipbook dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi sistem reproduksi manusia. Jenis penelitian yaitu kuasi eksperimen dengan desain rancangan penelitian the pretest-posttest control group design. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI MIPA di SMAN 2 Singaraja yang dipilih secara random assignment. Dari hasil random assignment (penempatan kelas secara acak) terpilih kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen yaitu pembelajaran dengan Problem Based Learning berbantuan Flipbook dan kelas XI MIPA 7 sebagai kelas kontrol yaitu pembelajaran dengan Problem Based Learning tanpa batuan Flipbook. Metode dalam penelitian ini, menggunakan tes uraian dalam bentuk wacana. Data dianalisis dengan menggunakan Indeks Efektivitas (IE) untuk mengetahui efektivitas Problem Based Learning berbantuan Flipbook dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Hasil analisis data menunjukkan nilai Indeks Efektivitas (IE) yaitu 93% dengan kategori baik. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai Zhitung > Z0,05 (5,389 > 1,645). Hal ini berarti efektivitas implementasi Problem Based Learning berbantuan Flipbook pada materi sistem reproduksi manusia lebih baik dalam meningkatkan kemampuan memecahkan masalah siswa dibandingkan dengan menggunakan Problem Based Learning tanpa bantuan Flipbook.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, PBL, Flipbook, Kemampuan Pemecahan Masalah |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Ririn Mirayanti |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 08:46 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 08:46 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17171 |
Actions (login required)
View Item |