Wahyuniari, Ni Gusti Agung Dewi (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) BERBANTUAN KOMIK DIGITAL TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD NO 3 DALUNG TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2129041051-COVER.pdf Download (196kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2129041051-ABSTRAK.pdf Download (27kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129041051-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (98kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129041051-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129041051-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (297kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129041051-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (290kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2129041051-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (32kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129041051-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (145kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2129041051-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbantuan komik digital terhadap keterampilan membaca dan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas V SD No.3 Dalung tahun pembelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental dengan the posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD No.3 Dalung yang terdiri dari 62 siswa. Sampel yang digunakan adalah sampel total. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran yang dibagi menjadi dua, yakni TTW untuk kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional untuk kelas kontrol, sedangkan variabel terikatnya adalah keterampilan membaca dan hasil belajar bahasa Indonesia. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes. Bentuk tes yang digunakan adalah tes uraian (essay) untuk keterampilan membaca, dan tes obyektif untuk hasil belajar bahasa Indonesia. Uji hipotesis yang digunakan pada penelitian ini adalah MANOVA. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan ditemukan bahwa terdapat perbedaan keterampilan membaca dan hasil belajar bahasa Indonesia antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran TTW berbantuan komik digital dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional, baik secara simultan maupun sendiri-sendiri.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran Think Talk Write, keterampilan membaca, hasil belajar Bahasa Indonesia. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Ni Gusti Agung Dewi Wahyuniari |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 01:04 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 01:04 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17237 |
Actions (login required)
View Item |