Cala, Maria Ulda (2023) DINAMIKA KEHIDUPAN MULTIKULTURAL DI KAMPUNG KAJANAN, KELURAHAN KAMPUNG KAJANAN, SINGARAJA, BALI DAN POTENSINYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH DI SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1914022001-COVER.pdf.pdf Download (447kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1914022001-ABSTRAK.pdf Download (28kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1914022001-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (163kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1914022001-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (231kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1914022001-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1914022001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1914022001-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (159kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1914022001-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (248kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1914022001-LAMPIRAN.pdf Download (346kB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tumbuh dan berkembang dinamika masyarakat multikultur di Kampung Kajanan, Kelurahan Kampung Kajanan, Singaraja, Bali, (2) bentuk-bentuk multikulturalisme masyarakat di Kampung Kajanan, Kelurahan Kampung Kajanan, Singaraja, Bali, (3) Aspek-aspek kehidupan multikulturalisme yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar sejarah di SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian sejarah dengan pendekatan kualitatif meliputi: (1) heuristik (mencari jejak/sumber data, (2) kritik sumber atau verifikasi (pengujuan sumber data), (3) interpretasi (penafsiran data) dan (4) historiografi (penulisan sejarah). Hasil penelitian menunjukan bahwa: Tumbuh dan berkembang masyarakat multikultur di Kampung Kajanan, Buleleng Bali tidak terlepas dari karena adanya perdagangan, perkawinan silang, perpindahan penduduk dan kebijakan politik. Dari berbagai kegiatan ini, banyaknya etnis-etnis yang ramai berdatangan ke Bali khususnya di Buleleng, Bali Utara. Hingga menjadi masyarakat multikulturalisme di Kampung Kajanan. Bentuk multikulturalisme masyarakat di Kampung Kajanan dapat dilihat pada bidang Sosial, budaya, Ekonomi dan bangunan. Aspek-aspek yang bisa dikembangkan sebagai sumber belajar projekct penguatan profil pelajar pancasila yaitu: Aspek Sejarah, aspek Toleransi, aspek kerja sama dan aspek budaya. Kata-kata kunci: Multikultural, Kampung Kajanan, Sumber Belajar sejarah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multikultural, Kampung Kajanan, Sumber Belajar sejarah |
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform H Social Sciences > HX Socialism. Communism. Anarchism L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Sejarah Sosiologi dan Perpustakaan > Program Studi Pendidikan Sejarah (S1) |
Depositing User: | Maria Ulda Cala |
Date Deposited: | 25 Oct 2023 04:47 |
Last Modified: | 25 Oct 2023 04:47 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17363 |
Actions (login required)
View Item |