PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS HOTS BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN KELAS X SMA

Kinasih, Arum Sekar (2023) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS HOTS BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN KELAS X SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1913021023-COVER.pdf

Download (367kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1913021023-ABSTRAK.pdf

Download (53kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913021023-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (81kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913021023-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913021023-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913021023-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1913021023-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913021023-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (198kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1913021023-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa E-LKPD berbasis HOTS berbantuan GeoGebra pada materi energi terbarukan yang teruji valid, praktis dan efektif dalam melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik kelas X5 SMAN 4 Singaraja. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model 4D melalui empat tahap yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Subjek dalam penelitian pengembangan ini adalah validator yang terdiri dari 4 dosen fisika, kepraktisan oleh 3 guru fisika dan 48 peserta didik kelas X5 SMAN 4 Singaraja. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi ahli media dan ahli materi, lembar kepraktisan, angket respon peserta didik, soal pre-test dan post-test. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan E-LKPD berbasis HOTS berbantuan GeoGebra pada materi energi terbarukan kelas X mendapatkan hasil sebagai berikut. (1) Produk E-LKPD yang dikembangkan dinilai sangat valid oleh ahli media dan ahli materi dengan perolehan nilai presentase sebesar 87% dan hasil ujicoba kelompok kecil sebesar 96% dikatakan produk sangat layak. (2) Kepraktisan E-LKPD yang dinilai oleh guru mata pelajaran fisika memperoleh nilai presentase sebesar 83% dengan kualifikasi sangat praktis. (3) Efektifitas produk dilihat dari nilai peserta didik melalui pre-test dan post-test kemampuan berpikir tingkat tinggi, dari nilai tersebut dihasilkan nilai gain skor sebesar 0,64 berada pada kategori sedang yang mana dinyatakan bahwa E-LKPD secara efektif dapat melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: e-lkpd, kemampuan berpikir tingkat tinggi (hots), geogebra
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Arum Sekar Kinasih
Date Deposited: 12 Oct 2023 01:45
Last Modified: 12 Oct 2023 01:45
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17393

Actions (login required)

View Item View Item