EVALUASI PELAKSANAAN TEACHING FACTORY DI SMKN 1 SERIRIT

Aryana, Putu Bisma Putera (2023) EVALUASI PELAKSANAAN TEACHING FACTORY DI SMKN 1 SERIRIT. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2129021016-COVER.pdf

Download (291kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2129021016-ABSTRAK.pdf

Download (28kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129021016-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (53kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129021016-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129021016-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129021016-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2129021016-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129021016-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (107kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2129021016-LAMPIRAN.pdf

Download (394kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kesesuaian teaching factory di SMKN 1 Seririt dengan aspek context, input, process, dan product. Responden dalam penelitian ini terdiri dari guru dan siswa yang terlibat dalam pelaksanaan teaching factory. Data dikumpulkan melalui angket yang melibatkan penilaian terhadap indikator-indikator yang relevan dengan masing-masing aspek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden guru menganggap teaching factory sangat sesuai dengan nilai pencapaian kualitas yang signifikan. Sementara itu, responden siswa juga menganggap teaching factory sesuai, meskipun dengan nilai pencapaian kualitas yang sedikit lebih rendah. Hasil penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa aspek yang masih perlu diperhatikan, seperti kesesuaian pelaksanaan teaching factory dengan tuntutan dan kondisi masyarakat, faktor penunjang dan sarana ruang produksi, pengaturan waktu pelaksanaan, serta kegiatan Quality Control (QC). Dalam meningkatkan kesesuaian teaching factory, disarankan untuk memperkuat pemahaman tentang kebutuhan industri dan pasar kerja lokal, memperhatikan faktor penunjang dan sarana produksi, meningkatkan kegiatan QC yang sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP), serta melakukan pembaruan dan kerja sama yang erat dengan industri dan pemangku kepentingan terkait. Penelitian ini memberikan wawasan yang berharga bagi SMKN 1 Seririt dalam meningkatkan kualitas dan kesesuaian teaching factory. Hasil penelitian ini dapat menjadi dasar untuk mengembangkan strategi dan program yang lebih efektif dalam mempersiapkan siswa untuk dunia kerja di industri.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Sekolah Menengah Kejuruan, Teaching Factory
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (S2)
Depositing User: PUTU BISMA PUTERA ARYANA
Date Deposited: 13 Oct 2023 10:08
Last Modified: 13 Oct 2023 10:08
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17525

Actions (login required)

View Item View Item