Kartini, Siluh Made Surya (2023) PENGARUH PENERAPAN PROBLEM-BASED BLENDED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 MARGA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (2129021021-COVER)
2129021021-Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text (2129021021-ABSTRAK)
2129021021-Abstrak.pdf Download (369kB) |
|
Text (2129021021-BAB 1 PENDAHULUAN)
2129021021-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (398kB) |
|
Text (2129021021-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129021021-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (457kB) | Request a copy |
|
Text (2129021021-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129021021-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (816kB) | Request a copy |
|
Text (2129021021-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129021021-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (637kB) | Request a copy |
|
Text (2129021021-BAB 5 PENUTUP)
2129021021-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (371kB) | Request a copy |
|
Text (2129021021-DAFTAR PUSTAKA)
2129021021-Daftar Pustaka.pdf Download (513kB) |
|
Text (2129021021-LAMPIRAN)
2129021021-Lampiran.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh dari problem-based blended learning terhadap keterampilan berpikir kritis dan keterampilan berpikir kreatif siswa dalam proses pembelajaran ekonomi. Penelitian kuantitatif digunakan sebagai desain penelitian ini dengan mengadaptasi model quasi-experimental. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Marga, Tabanan, Bali dengan melibatkan 43 peserta didik kelas XI yang mana mereka dipilih dengan menggunakan teknik random sampling dari total populasi sebanyak 312 peserta didik. Data dikumpulkan dengan menggunakan post-test tepatnya melalui tes esai dan tes kinerja. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar soal esai dan rubrik penilaian kinerja. Data yang telah dikumpulkan dianalisis secara deskriptif dan inferensial melalui analisis ANOVA dan MANOVA. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) terdapat pengaruh dari problem-based blended learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa, 2) terdapat pengaruh dari problem-based blended learning terhadap keterampilan berpikir kreatif, 3) terdapat pengaruh simultan dari problem-based blended learning terhadap keterampilan berpikir kritis dan keterampilan berpikir kreatif siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berpikir kritis, Berpikir kreatif, Problem-Based Blended Learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (S2) |
Depositing User: | Siluh Made Surya Kartini |
Date Deposited: | 16 Oct 2023 07:29 |
Last Modified: | 16 Oct 2023 07:29 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17581 |
Actions (login required)
View Item |