Kusumaningtyas, Putu Shinta (2023) KONTRIBUSI MOTIVASI BELAJAR, KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA SMA NEGERI SE-KABUPATEN TABANAN MELALUI KEMANDIRIAN BELAJAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2129021017-COVER.pdf Download (324kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2129021017-ABSTRAK.pdf Download (131kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129021017-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (258kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129021017-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (362kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
2129021017-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (430kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129021017-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (432kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2129021017-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (175kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129021017-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (243kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2129021017-LAMPIRAN.pdf Download (790kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) kontribusi secara langsung antara motivasi belajar terhadap hasil belajar ekonomi, (2) kontribusi secara langsung antara kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap hasi belajar ekonomi, (3) kontribusi secara langsung antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar ekonomi, (4) kontribusi secara langsung antara motivasi belajar terhadap kemandirian belajar, (5) kontribusi secara langsung antara kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap kemandirian belajar, (6) kontribusi tidak langsung antara motivasi belajar terhadap hasil belajar ekonomi melalui kemandirian belajar, (7) kontribusi tidak langsung antara kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar ekonomi melalui kemandirian belajar. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA se-Kabupaten Tabanan sejumlah 2716 siswa. Sampel penelitian sejumlah 350 siswa. Penelitian menggunakan teknik analisis jalur (Path Analisys). Hasil penelitian: (1) Terdapat kontribusi positif antara motivasi belajar terhadap hasil belajar ekonomi dengan kontribusi sebesar 13% pada hasil belajar ekonomi. (2) Terdapat pengaruh secara langsung antara kondisi sosial ekonomi terhadap hasil belajar ekonomi dengan kontribusi sebesar 30% pada hasil belajar ekonomi. (3) Terdapat pengaruh antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar ekonomi dengan kontribusi sebesar 22% pada hasil belajar ekonomi. (4) Terdapat pengaruh antara motivasi belajar terhadap kemandirian belajar dengan kontribusi sebesar 22% pada kemandirian belajar. (5) Terdapat pengaruh antara kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap kemandirian belajar dengan kontribusi sebesar 13% pada kemandirian belajar. (6) terdapat pengaruh secara tidak langsung antara motivasi belajar terhadap hasil belajar ekonomi melalui kemandirian belajar sebesar 5%. (7) terdapat pengaruh secara tidak langsung antara motivasi belajar terhadap hasil belajar ekonomi melalui kemandirian belajar sebesar 3%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi belajar, kondisi sosial ekonomi orang tua, kemandirian belajar, hasil belajar ekonomi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (S2) |
Depositing User: | Putu Shinta Kusumaningtyas |
Date Deposited: | 18 Oct 2023 09:23 |
Last Modified: | 18 Oct 2023 09:23 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17655 |
Actions (login required)
View Item |