PENGARUH PENERAPAN PROJECT-BASED LEARNING MODEL BERLUARAN PETA TEMATIK TERHADAP PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN GEOGRAFI SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Filandia, Gede (2023) PENGARUH PENERAPAN PROJECT-BASED LEARNING MODEL BERLUARAN PETA TEMATIK TERHADAP PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN GEOGRAFI SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1914031019-COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1914031019-ABSTRAK.pdf

Download (52kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1914031019-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (193kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1914031019-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1914031019-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (729kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1914031019-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1914031019-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1914031019-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (187kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1914031019-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pengetahuan dan keterampilan Geografi merupakan aspek yang dicapai dalam tujuan pembelajaran Geografi. Tujuan pembelajaran pada aspek pengetahuan dan keterampilan Geografi belum dapat tercapai secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Project Based Learning berluaran Peta Tematik terhadap pengetahuan dan keterampilan Geografi siswa.. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen menggunakan rancangan penelitian quasi experiment design (eksperimen semu) dengan jenis non-equivalent control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi dan wawancara. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes pilihan ganda dan esai, lembar observasi keterampilan Geografi dan lembar observasi penerapan Project Based Learning berluaran Peta Tematik. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deksriptif dan inferensial menggunakan MANOVA. Hasil analisis statistik deksriptif diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen pengetahuan = 80,56 (sangat baik) dan keterampilan = 76,54 (baik) sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol pengetahuan =73,36 (baik) dan keterampilan =68,56 (cukup baik) . Hasil analisis MANOVA diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model Project Based Learning berluaran Peta Tematik terhadap pengetahuan dan keterampilan Geografi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Project-Based Learning, Peta Tematik, Pengetahuan Geografi, Keterampilan Geografi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Geografi > Program Studi Pendidikan Geografi (S1)
Depositing User: Gede Filandia
Date Deposited: 24 Oct 2023 03:34
Last Modified: 24 Oct 2023 03:34
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17842

Actions (login required)

View Item View Item