Sugihantari, Ni Ketut (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DAN JENIS TES TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SUKAWATI. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2129021012-COVER.pdf Download (380kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2129021012-ABSTRAK.pdf Download (27kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129021012-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (73kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129021012-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (211kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129021012-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (311kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129021012-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (646kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2129021012-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (126kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129021012-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (119kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2129021012-LAMPIRAN.pdf Download (793kB) |
Abstract
Kajian ini dilaksanakan guna mencari tahu pengaruh model pembelajaran berbasis proyek dan jenis tes terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP negeri 1 Sukawati. Kajian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan design faktorial 2x2. Populasi kajian ini ialah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Sukawati pada tahun ajaran 2022/2023 sejumlah 419 orang yang tersebar kedalam 9 kelas. Sampel terdiri dari 4 kelas sebanyak 187 orang yang dipilih melalui random sampling. Data dihimpun dengan tes prestasi belajar siswa dan dianalisis dengan Anava dua jalur. Hasil kajian ini meliputi. Pertama, terdapat perbedaan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang menempuh aktivitas belajar berbasis proyek dan peserta didik yang menempuh aktivitas belajar konvensional. Kedua, terdapat perbedaan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang menempuh aktivitas belajar dengan permasalahan open ended dan peserta didik yang menempuh aktivitas belajar dengan permasalahan closed ended. Ketiga, dalam pencapaian prestasi belajar matematika, model pembelajaran dan jenis tes berinteraksi secara signifikan. Keempat, pada peserta didik yang menempuh aktivitas belajar dengan tes open ended, prestasi belajar matematika peserta didik yang menempuh aktivitas belajar berbasis proyek lebih baik daripada peserta didik yang menempuh aktivitas belajar konvensional. Sebaliknya, pada peserta didik yang menempuh aktivitas belajar dengan tes closed ended prestasi belajar matematika peserta didik yang menempuh aktivitas belajar berbasis proyek lebih jelek daripada peserta didik yang menempuh aktivitas belajar konvensional. Kelima, pada peserta didik yang menempuh aktivitas belajar berbasis proyek prestasi belajar matematika peserta didik yang menempuh aktivitas belajar dengan jenis tes open ended lebih baik daripada peserta didik yang menempuh aktivitas belajar dengan tes closed ended. Sebaliknya, pada peserta didik yang menempuh aktivitas belajar konvensional, prestasi belajar matematika peserta didik yang menempuh aktivitas belajar dengan jenis ten open ended lebih jelek daripada peserta didik yang menempuh aktivitas belajar dengan tes closed ended.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran berbasis proyek, jenis tes, prestasi belajar matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (S2) |
Depositing User: | Ni Ketut Sugihantari |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 01:08 |
Last Modified: | 26 Oct 2023 01:08 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17990 |
Actions (login required)
View Item |