Setiari, Dewi (2023) PENGEMBANGAN MODEL LATIHAN GERAK DASAR LOKOMOTOR BERBASIS PERMAINAN UNTUK PESERTA DIDIK KELAS TINGGI DI SD NEGERI 1 PENARUKAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1916011042-COVER.pdf Download (699kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1916011042-ABSTRAK.pdf Download (286kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1916011042-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (325kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1916011042-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (488kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1916011042-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (583kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1916011042-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1916011042-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (331kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1916011042-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (289kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1916011042-LAMPIRAN .pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model latihan gerak dasar lokomotor berbasis permainan untuk peserta didik kelas tinggi sekolah dasar yang dikemas dalam bentuk buku. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Model ADDIE ini terdiri dari 5 tahapan yaitu, (1) analisis (analyze), (2) perancangan (design), (3) pengembangan (development), (4) implementasi (implementation), dan (5) evaluasi (evaluation). Produk ini divalidasi oleh ahli isi/materi pembelajaran, ahli media pembelajaran, dan ahli bahasa. Dalam subjek uji coba ini yaitu, uji coba perorangan oleh 3 orang, uji coba kelompok kecil oleh 6 orang, uji coba kelompok besar oleh 24 orang, dan uji kepraktisan oleh guru. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen angket dalam bentuk skala skor. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, dari uji ahli isi/materi pembelajaran memperoleh persentase skor 95,2% (sangat baik), uji ahli media pembelajaran memperoleh persentase skor 94,6% (sangat baik), uji ahli bahasa memperoleh persentase skor 94% (sangat baik), uji coba perorangan memperoleh skor 92,6% (sangat baik), uji coba kelompok kecil memperoleh persentase 94% (sangat baik), uji coba kelompok besar memperoleh persentase 92,7% (sangat baik), dan uji kepraktisan memperoleh skor 92,3% (sangat praktis). Berdasarkan hasil penilaian tersebut diperoleh simpulan pengembangan model latihan gerak dasar lokomotor berbasis permainan untuk peserta didik kelas tinggi sekolah dasar yang dikemas dalam bentuk buku ini layak untuk digunakan sebagai sumber pembelajaran. Saran kepada pengajar untuk mengimplementasikan buku model latihan gerak dasar lokomotor berbasis permainan pada mata pelajaran PJOK yang relevan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model latihan gerak dasar lokomotor berbasis permainan untuk peserta didik kelas tinggi sekolah dasar yang dikemas dalam bentuk buku. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Model ADDIE ini terdiri dari 5 tahapan yaitu, (1) analisis (analyze), (2) perancangan (design), (3) pengembangan (development), (4) implementasi (implementation), dan (5) evaluasi (evaluation). Produk ini divalidasi oleh ahli isi/materi pembelajaran, ahli media pembelajaran, dan ahli bahasa. Dalam subjek uji coba ini yaitu, uji coba perorangan oleh 3 orang, uji coba kelompok kecil oleh 6 orang, uji coba kelompok besar oleh 24 orang, dan uji kepraktisan oleh guru. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen angket dalam bentuk skala skor. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, dari uji ahli isi/materi pembelajaran memperoleh persentase skor 95,2% (sangat baik), uji ahli media pembelajaran memperoleh persentase skor 94,6% (sangat baik), uji ahli bahasa memperoleh persentase skor 94% (sangat baik), uji coba perorangan memperoleh skor 92,6% (sangat baik), uji coba kelompok kecil memperoleh persentase 94% (sangat baik), uji coba kelompok besar memperoleh persentase 92,7% (sangat baik), dan uji kepraktisan memperoleh skor 92,3% (sangat praktis). Berdasarkan hasil penilaian tersebut diperoleh simpulan pengembangan model latihan gerak dasar lokomotor berbasis permainan untuk peserta didik kelas tinggi sekolah dasar yang dikemas dalam bentuk buku ini layak untuk digunakan sebagai sumber pembelajaran. Saran kepada pengajar untuk mengimplementasikan buku model latihan gerak dasar lokomotor berbasis permainan pada mata pelajaran PJOK yang relevan. model latihan, gerak dasar lokomotor, ADDIE |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | Ni Nyoman Dewi Setiari |
Date Deposited: | 25 Oct 2023 10:47 |
Last Modified: | 25 Oct 2023 10:47 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18035 |
Actions (login required)
View Item |