Ananda, Vadila Nurista (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA KELAS 1 DI SD MUHAMMADIYAH 2 DENPASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031347-COVER.pdf Download (463kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031347-ABSTRAK.pdf Download (52kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031347-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (162kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031347-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (365kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031347-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (310kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031347-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (442kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031347-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031347-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (166kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031347-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media komik digital untuk meningkatkan keterampilan membaca kelas 1. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilaksanakan menggunakan model ADDIE dengan menggunakan tahapan analysis, design, development, implementation, evaluasi. Pada tahap dessiminate hanya menerapkan uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil tidak sampai pada uji coba kelompok besar/lapangan dikarenakan keterbatasan waktu. Subjek dalam penelitian ini berupa produk yang dikembangkan yaitu media komik digital. Sedangkan obyek dalam penelitian ini yaitu validitas, dan kepraktisan bahan ajar digital yang dikembangkan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah rating scale metode kuesioner dengan memberikan lembar penilaian kepada para ahli dan praktisi, uji perorangan dan uji kelompok kecil yang sudah teruji validitasnya. Data yang diperoleh dilakukan uji validitas yang dihitung dan di olah menjadi sebuah kalimat deskriptif, uji kepraktisan oleh praktisi dan mahasiswa menggunakan rumus deskriptif presentase. Hasil analisis yang diperoleh: (1) hasil uji ahli materi dan media diperoleh 98% dengan kriteria sangat valid. Sedangkan uji kepraktisan oleh (1) praktisi diperoleh persentase 97% dengan kualifikasi sangat baik, (2) uji perorangan diperoleh persentase 98% dengan kualifikasi sangat baik, dan (3) uji kelompok kecil diperoleh persentase 95% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan analisis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan media komik digital untuk meningkatkan keterampilan membaca kelas 1 valid dan praktis untuk digunakan sebagai pedoman belajar mengajar pada pada kelas 1 sebagai perangkat pembelajaran untuk meningkatkan membaca siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran komik digital |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Vadila Nurista Ananda |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 02:05 |
Last Modified: | 26 Oct 2023 02:05 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18053 |
Actions (login required)
View Item |