Sujana, I Made (2023) PEMANFAATAN CERPEN KANCIL DAN BUAYA KARYA SYRLI MARTIN DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NARASI DI KELAS VII D SMP NEGERI 1 MENGWI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (1912011022-COVER)
1912011022-COVER.pdf Download (273kB) |
|
Text (1912011022-ABSTRAK)
1912011022-ABSTRAK.pdf Download (57kB) |
|
Text (1912011022-BAB 1 PENDAHULUAN)
1912011022-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (136kB) |
|
Text (1912011022-KAJIAN TEORI)
1912011022-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (177kB) | Request a copy |
|
Text (1912011022-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1912011022-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (74kB) | Request a copy |
|
Text (1912011022-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912011022-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (173kB) | Request a copy |
|
Text (1912011022-BAB 5 PENUTUP)
1912011022-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) | Request a copy |
|
Text (1912011022-DAFTAR PUSTAKA)
1912011022-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (132kB) |
|
Text (1912011022-LAMPIRAN)
1912011022-LAMPIRAN.pdf Download (213kB) |
Abstract
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mendeskripsikan (1) unsur-dalam karya cerpen Kancil dan Buaya karya Syirli Martin dalam pembelajaran menulis teks narasi. (2) pemanfaatan cerpen Kancil serta Buaya karya Syirli Martin dalam pelajaran menulis teks narasi terhadap murid kelas VII D SMP Negeri 1 Mengwi. (3) kemampuan siswa pada proses penulisan teks narasi yang memanfaatkan cerpen Kancil dan Buaya karya Syirli Martin pada proses belajar menulis teks narasi pada siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Mengwi. Penelitian ini menerapkan jenis desain deskriptif kualitatif. Subjek yang dipakai yakni para tenaga pengajar pelajaran guru Bahasa Indonesia serta murid kelas VII D SMP Negeri 1 Mengwi. Objek yakni unsur-unsur, pemanfaatan, dan kemampuan menulis siswa dengan memanfaatkan cerpen Kancil dan Buaya karya Syirli Martin. Data didapatkan melalui penerapan metode observasi serta dokumentasi. Hasil mengindikasikan bahwasnaya (1) unsur-unsur yang terdapat pada cerpen Kancil dan Buaya karya Syirli Martin terdapat unsur intrinsik yang mencakup tema, alur, latar, tokoh, amanat, gaya bahasa, serta pandangan. (2) pemanfaatan cerpen Kancil dan Buaya karya Syirli Martin dalam pembelajaran menulis teks narasi merupakan sebagai media dan materi pembelajaran. (3) kemampuan siswa dalam menulis teks narasi yang memanfaatkan cerpen Kancil dan Buaya karya Syirli Martin dalam pembelajaran menulis teks narasi memiliki kemampuan yang baik dengan perolehan Nilai rata-rata kelas (79) dengan kategori baik. Kata Kunci: pemanfaatan cerpen, menulis, teks narasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pemanfaatan cerpen, menulis, teks narasi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | I Made Sujana |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 00:59 |
Last Modified: | 26 Oct 2023 00:59 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18073 |
Actions (login required)
View Item |