Pirdayanti, Ni Putu Ayu (2023) THE EFFECT OF STORYWEAVER TOWARD STUDENTS’ CREATIVITY AND WRITING COMPETENCE AT SMAN 1 PETANG DURING FLIPPED-CLASSROOM IIMPLEMENTATION IN THE POST-PANDEMIC CONTEXT. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2129081061-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2129081061-ABSTRAK.pdf Download (210kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129081061-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (191kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129081061-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (302kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129081061-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (239kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129081061-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (351kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2129081061-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTARR PUSTAKA)
2129081061-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (233kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2129081061-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Pengaruh Storyweaver pada kreativitas, kemampuan menulis, dan efek simultan keduanya dipelajari dalam penelitian ini. Studi eksperimen ini melibatkan 264 siswa yang berada di kelas 10 di SMA Negeri 1 Petang. Dari populasi secara keseluruhan, 67 siswa dipilih sebagai sampel, terdiri dari 33 siswa di kelompok kontrol dan 34 siswa di kelompok eksperimen. Metode cluster random sampling digunakan untuk melakukan pemilihan sampel. Digunakan kuisioner untuk kreativitas dan tes menulis untuk kompetensi menuis. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan tes kemampuan menulis. Data tersebut dianalisis dengan MANCOVA dan program SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang diajar menggunakan Storyweaver menunjukkan tingkat kreativitas yang lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional, dan bahwa siswa yang diajar menggunakan Storyweaver menunjukkan lebih baik dalam menulis daripada siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran konvensional, dan 3) terdapat dampak simultan dari penerapan Storyweaver terhadap kreativitas dan kemampuan menulis siswa. Akibatnya, Storyweaver mendorong siswa untuk mengeksplorasi berbagai kata-kata baru melalui kegiatan kolaborasi dengan teknologi, membuat buku cerita flip, menikmati situasi pembelajaran selama penerapan flipped classroom dengan teknologi, dan bertani. Implikasi dari penelitian ini, penerapan Storyweaver secara signifikan mempengaruhi kreativitas dan kompetensi menulis siswa kelas sepuluh di SMA Negeri 1 Petang. Siswa yang diajar dengan menggunakan Storyweaver belajar lebih kreatif daripada siswa yang diajar dengan menggunakan pengajaran konvensional, serta mereka juga meningkatkan aktivitas menulisnya
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas, Flipped Classroom, Storyweaver, Kompetensi Menulis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2) |
Depositing User: | Ni Putu Ayu Pirdayanti |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 11:15 |
Last Modified: | 26 Oct 2023 11:15 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18154 |
Actions (login required)
View Item |