Antara, I Dewa Made Suwika (2023) Model Discovery-Inquiry Learning Meningkatkan Hasil Belajar Aktivitas Fisik Ditinjau dari Motivasi Belajar. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2029121010-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2029121010-ABSTRAK.pdf Download (80kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2029121010-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (149kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2029121010-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (294kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2029121010-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (443kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2029121010-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (592kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2029121010-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (119kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2029121010-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (191kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2029121010-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh model discovery-inquiry learning dan motivasi belajar terhadap hasil belajar aktivitas fisik pada peserta didik kelas XI SMA negeri 1 Tabanan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen dengan rancangan treatment by level 2x2. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tabanan tahun pelajaran 2021/2022 yang terdiri dari sebelas kelas. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik simple random sampling. Dengan teknik ini diperoleh dua kelas sebagai kelompok eksperimen dan dua kelas sebagai kelompok kontrol. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis varians dua jalur, dilanjutkan dengan uji Tukey untuk menentukan kelompok mana yang lebih unggul. Hasilnya menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar aktivitas fisik peserta didik yang mengikuti model discovery-inquiry learning lebih baik dari peserta didik yang mengikuti model pembelajaran langsung (X ̅A1 = 35,188 > X ̅A2 = 34,250; F = 4,469; p-value < 0,05); (2) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar aktivitas fisik (F = 36,728; p-value < 0,05); (3) hasil belajar peserta didik yang mengikuti model discovery-inquiry learning lebih baik dari peserta didik yang mengikuti model pembelajaran langsung pada peserta didik dengan motivasi belajar tinggi (X ̅A1B1 = 38,83 > X ̅A2B1 = 35,21; p-value < 0,05); dan (4) hasil belajar peserta didik yang mengikuti model discovery-inquiry learning lebih rendah dari peserta didik yang mengikuti model pembelajaran langsung pada peserta didik dengan motivasi belajar rendah (X ̅A1B2 = 31,54 < X ̅A2B2 = 33,29; p-value < 0,05). Implikasi dalam penelitian ini adalah: (1) discovery-inquiry merupakan salah satu model pembelajaran alternatif untuk pembelajaran aktivitas fisik, dan (2) penerapan model discovery-inquiry learning dalam pembelajaran hendaknya mempertimbangkan motivasi belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | discovery-inquiry, aktivitas fisik, hasil belajar, motivasi belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Olahraga (S2) |
Depositing User: | I Dewa Made Suwika Antara |
Date Deposited: | 27 Oct 2023 08:15 |
Last Modified: | 27 Oct 2023 08:15 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18229 |
Actions (login required)
View Item |