Widagda, I Nyoman Gelgel Anom Sarwa Adi (2020) MODEL PEMBELAJARAN DEBAT DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI BERPIKIR KRITIS PADA PELAJARAN PPKN SISWA KELAS VIIIa DI SMP NEGERI 6 SINGARAJA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
1614041016-COVER.pdf Download (915kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1614041016- ABSTRAK.pdf Download (299kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1614041016- BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (351kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
1614041016-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (462kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODE PENELITIAN)
1614041016- BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (244kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1614041016- BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (703kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
1614041016- BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (208kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1614041016- DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (445kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1614041016- LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran Debat siswa kelas VIIIa di SMP Negeri 6 Singaraja.Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIa SMP Negeri 6 Singaraja yang berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data kemampuan berpikir kritis siswa dengan model debatmenggunakan metode tes dan non tes. Tes dilakukan pada akhir pembelajaran (tes evaluasi) dan setiap akhir siklus.Metode non tes berupa observasi dilakukan untuk menilai kemampuan berpikir kritis ranah psikomotorik (kegiatan diskusi debat kelompok).Metode non tes dengan menggunakan kuisioner untuk menilai respon siswa terhadap model pembelajaran Debat dalam meningkatkan kompetensi berpikir kritis pada pelajaran PPKn Data kemampuan berpikir kritis siswa dan data hasil belajar siswa yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatifHasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Pembelajaran Debat dalam Meningkatkan Kompetensi Berpikir Kritis pada pelajaran PPKn siswa kelas VIIIa semester II di SMP Negeri 6 Singaraja. Dapat dilihat dari keaktifan siswa pada saat diskusi debat di kelas. kemampuan berpikir kritis siswa dapat dilihat melalui analisis kualitatif dengan membandingkan rata-rata nilai berpikir kritis siswa setelah siklus 1 dan siklus 2. Rata-rata nilai berpikir kritis siswa mengalami peningkatan dari 72.9 pada siklus 1 dan 80 pada siklus 2. Jadi nilai rata-rata berpikir kritis siswa mengalami peningkatan sebesar 5 point
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | berpikir kritis, model pembelajaran Debat. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan > Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan (S1) |
Depositing User: | I Nyoman Gelgel Anom |
Date Deposited: | 20 Jul 2020 07:01 |
Last Modified: | 20 Jul 2020 07:01 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1836 |
Actions (login required)
View Item |