MODEL PEMBELAJARAN DEBAT DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI BERPIKIR KRITIS PADA PELAJARAN PPKN SISWA KELAS VIIIa DI SMP NEGERI 6 SINGARAJA

Widagda, I Nyoman Gelgel Anom Sarwa Adi (2020) MODEL PEMBELAJARAN DEBAT DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI BERPIKIR KRITIS PADA PELAJARAN PPKN SISWA KELAS VIIIa DI SMP NEGERI 6 SINGARAJA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
1614041016-COVER.pdf

Download (915kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1614041016- ABSTRAK.pdf

Download (299kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1614041016- BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (351kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
1614041016-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODE PENELITIAN)
1614041016- BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1614041016- BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (703kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
1614041016- BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1614041016- DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (445kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1614041016- LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran Debat siswa kelas VIIIa di SMP Negeri 6 Singaraja.Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIa SMP Negeri 6 Singaraja yang berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data kemampuan berpikir kritis siswa dengan model debatmenggunakan metode tes dan non tes. Tes dilakukan pada akhir pembelajaran (tes evaluasi) dan setiap akhir siklus.Metode non tes berupa observasi dilakukan untuk menilai kemampuan berpikir kritis ranah psikomotorik (kegiatan diskusi debat kelompok).Metode non tes dengan menggunakan kuisioner untuk menilai respon siswa terhadap model pembelajaran Debat dalam meningkatkan kompetensi berpikir kritis pada pelajaran PPKn Data kemampuan berpikir kritis siswa dan data hasil belajar siswa yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatifHasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Pembelajaran Debat dalam Meningkatkan Kompetensi Berpikir Kritis pada pelajaran PPKn siswa kelas VIIIa semester II di SMP Negeri 6 Singaraja. Dapat dilihat dari keaktifan siswa pada saat diskusi debat di kelas. kemampuan berpikir kritis siswa dapat dilihat melalui analisis kualitatif dengan membandingkan rata-rata nilai berpikir kritis siswa setelah siklus 1 dan siklus 2. Rata-rata nilai berpikir kritis siswa mengalami peningkatan dari 72.9 pada siklus 1 dan 80 pada siklus 2. Jadi nilai rata-rata berpikir kritis siswa mengalami peningkatan sebesar 5 point

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: berpikir kritis, model pembelajaran Debat.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan > Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan (S1)
Depositing User: I Nyoman Gelgel Anom
Date Deposited: 20 Jul 2020 07:01
Last Modified: 20 Jul 2020 07:01
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1836

Actions (login required)

View Item View Item