Jihad, Ruhul (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA INTERAKTIF BERBASIS SAINS, LINGKUNGAN, TEKNOLOGI, DAN MASYARAKAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI SMA/MA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1913021021-COVER.pdf Download (5MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1913021021-ABSTRAK.pdf Download (5MB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913021021-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (5MB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913021021-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913021021-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913021021-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1913021021-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913021021-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (5MB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1913021021-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Hasil belajar fisika siswa kelas XI SMA/MA masih rendah salah satu penyebabnya adalah bahan ajar yang digunakan materinya masih padat, bersifat tekstual, dan media yang digunakan masih kurang menarik. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti bertujuan (1) mengembangkan e-modul fisika intraktif berbasis sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas XI SMA/MA (2) medeskripsikan kepraktisan e-modul fisika interaktif berbasis Sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat, dan (3) Mendeskripsikan Efektivitas e-modul fisika interaktif berbasis sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat dalam meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas XI SMA/MA. Model pengembangan e-modul menggunakan pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah 2 dosen fisika, 5 guru kepraktisan, dan 32 siswa SMA Negeri 2 Banjar. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh (1) e-modul fisika interktif sangat layak digunakan dengan nilai rerata ahli media 0,92 dan ahli materi 0,96 kategori sangat layak, (2) e-modul fisika interaktif sangat praktis digunakan pada pembelajaran dengan nilai rerata praktisi guru 93% kategori sangat praktis dan angket respon siswa 75% kategori Praktis, dan (3) e-modul fisika intraktif cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa dengan nilai yang diperoleh 0,44 kategori sedang. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dipaparkan diatas dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis SLTM layak digunakan, praktis, dan cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar fisika kelas XI SMA/MA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-modul berbasis SLTM, Model ADDIE, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LT Textbooks |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1) |
Depositing User: | Ruhul Jihad |
Date Deposited: | 31 Jan 2024 08:09 |
Last Modified: | 31 Jan 2024 08:09 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18407 |
Actions (login required)
View Item |