Dewi, Desak Made Diah Kumara (2024) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MUATAN IPAS MATERI TUMBUHAN SUMBER KEHIDUPAN DI BUMI KELAS IV SD NO. 2 DARMASABA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031035-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031035-ABSTRAK.pdf Download (649kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031035-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (502kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031035-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (628kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031035-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031035-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031035-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (585kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031035-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (597kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031035-LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui rancang bangun, kualitas, dan efektivitas Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Muatan IPAS Materi Tumbuhan Sumber Kehidupan di Bumi Kelas IV SD No. 2 Darmasaba. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menerapkan model pengembangan ADDIE yang meliputi beberapa tahap yaitu (a) analisis, (b) perancangan, (c) pengembangan, (d) implementasi, dan (e) evaluasi. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan metode tes objektif pilihan ganda 4 opsi. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial uji-t. Hasil penelitian menemukan bahwa (1) Rancang bangun multimedia interaktif hasil penilaian ahli rancang bangun sebesar 90,90% dengan kualifikasi sangat baik. (2) Kualitas multimedia interaktif berbasis pendekatan kontekstual menunjukkan hasil penilaian ahli isi sebesar 93,33% dengan kualifikasi sangat baik, uji ahli desain instruksional sebesar 95% dengan kualifikasi sangat baik; ahli media pembelajaran sebesar 92,85% dengan kualifikasi sangat baik; hasil uji coba perorangan sebesar 94,44% dengan kualifikasi sangat baik; dan uji coba kelompok kecil sebesar 99,92% dengan kualifikasi sangat baik. (3) Efektivitas multimedia interaktif berbasis pendekatan kontekstual berdasarkan hasil uji-t diperoleh thitung = 23,913 untuk db = 16 dan taraf signifikan 5%= 2,120. Hal ini berarti thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa multimedia interaktif berbasis pendekatan kontekstual efektif digunakan pada muatan IPAS Materi Tumbuhan Sumber Kehidupan di Bumi Kelas IV SD No. 2 Darmasaba.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Multimedia Interaktif, Pendekatan Kontekstual, Muatan IPAS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Desak Made Diah Kumara Dewi |
Date Deposited: | 13 Feb 2024 01:05 |
Last Modified: | 13 Feb 2024 01:05 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18527 |
Actions (login required)
View Item |