Bramanda, Nyoman Maesha (2024) PENGEMBANGAN BUKU ENSIKLOPEDIA BERBASIS AUGMENTED REALITY MATERI SISTEM RESPIRASI PADA MANUSIA MUATAN IPAS KELAS V SD NEGERI 12 SESETAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031297-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031297-ABSTRAK.pdf Download (424kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031297-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (399kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031297-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (433kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031297-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (691kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031297-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031297-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (389kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031297-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (483kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031297-LAMPIRAN.pdf Download (14MB) |
Abstract
Penelitian menyajikan tujuan yaitu (1) mengetahui rancang bangun buku ensiklopedia berbasis augmented reality pada pembelajaran IPAS, (2) mengetahui hasil kelayakan buku ensiklopedia berbasis augmented reality pada pembelajaran IPAS, (3) mengetahui efektivitas buku ensiklopedia berbasis augmented reality pada pembelajaran IPAS. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitan pengembangan (RnD) dengan model pengembangan Borg and Gall. Observasi, wawancara, angket, dan tes adalah bentuk pengumpulan data. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial (uji-t). Penelitian ini melibatkan 35 siswa kelas V. Hasil penelitian adalah: (1) Rancang bangun buku ensiklopedia berbasis augmented reality berdasarkan penilaian ahli rancang bangun sebesar 93,18% (kualifikasi sangat baik), (2) Kualitas buku ensiklopedia berbasis augmented reality dinyatakan sangat layak berdasarkan hasil penilaian ahli isi materi memperoleh 95,83% (kualifikasi sangat baik), ahli desain instruksional memperoleh 93,18% (kualifikasi sangat baik), ahli media pembelajaran memperoleh 92,50% (kualifikasi sangat baik), uji coba perorangan memperoleh 99% (kualifikasi sangat baik), dan uji coba kelompok kecil memperoleh 97,5% (kulifikasi sangat baik), (3) Berdasarkan hasil uji-t sample dependent diperoleh nilai thitung = 17,241 > ttabel = 1,648 dengan taraf signifikansi 5% ttabel dan dk = n-1 = 35-1 = 34, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa buku ensiklopedia berbasis augmented reality materi sistem respirasi pada manusia efektif diterapkan pada mata pelajaran IPAS kelas V di SD Negeri 12 Sesetan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: buku ensiklopedia, augmented reality, sistem respirasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | NYOMAN MAESHA BRAMANDA |
Date Deposited: | 13 Feb 2024 01:18 |
Last Modified: | 13 Feb 2024 01:18 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18539 |
Actions (login required)
View Item |