PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN METAKOGNITIF BERBANTUAN E-LKPD HOTS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI SD GUGUS II KECAMATAN BULELENG

Wardani, Ni Komang Novi (2024) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN METAKOGNITIF BERBANTUAN E-LKPD HOTS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI SD GUGUS II KECAMATAN BULELENG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031162-COVER.pdf

Download (213kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031162-ABSTRAK.pdf

Download (52kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031162-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (153kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031162-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031162-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031162-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031162-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031162-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (192kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031162-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Metakognitif berbantuan E-LKPD HOTS terhadap kemampuan berpikir logis matematika siswa kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian yaitu non-equivalent Post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD di Gugus II Kecamatan Buleleng Tahun Ajaran 2023/2024 yang berjumlah 254 orang yang terdiri dari 10 kelas dan 9 Sekolah. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dengan hasil yang didapatkan yaitu siswa kelas IV A SD Negeri 1 Baktiseraga yang berjumlah 29 orang sebagai kelompok Eksperimen dan SD Negeri 1 Banjar Tegal yang berjumlah 25 orang sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode Tes uraian yang berjumlah 5 butir. Data tersebut dianalisis menggunakan uji-t dengan hasil yang didapatkan yaitu thitung = 116,7 dan ttabel = 2.01. Kriteria pengujian menunjukkan thitung (116,7) > ttabel (2,01) sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. Kesimpulan dari hasil analisis data dalam penelitian ini adalah bahwa terdapat pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran metakognitif berbantuan E-LKPD HOTS terhadap kemampuan berpikir logis matematika siswa kelas IV di SD Gugus II Kecamatan Buleleng.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran Metakognitif, E-LKPD HOTS, kemampuan berpikir logis matematika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Komang Novi Wardani
Date Deposited: 15 Feb 2024 08:57
Last Modified: 15 Feb 2024 08:57
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18550

Actions (login required)

View Item View Item