Wardani, Ni Komang Novi (2024) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN METAKOGNITIF BERBANTUAN E-LKPD HOTS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI SD GUGUS II KECAMATAN BULELENG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031162-COVER.pdf Download (213kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031162-ABSTRAK.pdf Download (52kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031162-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (153kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031162-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (320kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031162-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (345kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031162-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (253kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031162-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (72kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031162-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (192kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031162-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Metakognitif berbantuan E-LKPD HOTS terhadap kemampuan berpikir logis matematika siswa kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian yaitu non-equivalent Post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD di Gugus II Kecamatan Buleleng Tahun Ajaran 2023/2024 yang berjumlah 254 orang yang terdiri dari 10 kelas dan 9 Sekolah. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dengan hasil yang didapatkan yaitu siswa kelas IV A SD Negeri 1 Baktiseraga yang berjumlah 29 orang sebagai kelompok Eksperimen dan SD Negeri 1 Banjar Tegal yang berjumlah 25 orang sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode Tes uraian yang berjumlah 5 butir. Data tersebut dianalisis menggunakan uji-t dengan hasil yang didapatkan yaitu thitung = 116,7 dan ttabel = 2.01. Kriteria pengujian menunjukkan thitung (116,7) > ttabel (2,01) sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. Kesimpulan dari hasil analisis data dalam penelitian ini adalah bahwa terdapat pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran metakognitif berbantuan E-LKPD HOTS terhadap kemampuan berpikir logis matematika siswa kelas IV di SD Gugus II Kecamatan Buleleng.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi pembelajaran Metakognitif, E-LKPD HOTS, kemampuan berpikir logis matematika. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Komang Novi Wardani |
Date Deposited: | 15 Feb 2024 08:57 |
Last Modified: | 15 Feb 2024 08:57 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18550 |
Actions (login required)
View Item |