Ardita, I Made (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PROJEK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN DI SMK PGRI 3 BADUNG. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (2229031002-COVER)
2229031002-Cover.pdf Download (725kB) |
|
Text (2229031002-ABSTRAK)
2229031002-Abstrak.pdf Download (30kB) |
|
Text (2229031002-BAB 1 PENDAHULUAN)
2229031002-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (193kB) |
|
Text (2229031002-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229031002-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (431kB) | Request a copy |
|
Text (2229031002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229031002-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (552kB) | Request a copy |
|
Text (2229031002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229031002-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (423kB) | Request a copy |
|
Text (2229031002-BAB 5 PENUTUP)
2229031002-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) | Request a copy |
|
Text (2229031002-DAFTAR PUSTAKA)
2229031002-Daftar Pustaka.pdf Download (281kB) |
|
Text (2229031002-LAMPIRAN)
2229031002-Lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui perbedaan hasil belajar mata pelajaran projek kreatif dan kewirausahaan sebelum diterapkan model pembelajaran problem based learning berbantuan media video interaktif pada siswa kelas XI Jurusan Perhotelan di SMK PGRI 3 Badung tahun 2023/2024, 2) mengetahui perbedaan hasil belajar mata pelajaran projek kreatif dan kewirausahaan sesudah diterapkan model pembelajaran problem based learning berbantuan media video interaktif pada siswa kelas XI Jurusan Perhotelan di SMK PGRI 3 Badung tahun 2023/2024, 3) mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran problem based learning berbantuan media video interaktif pada siswa kelas XI Jurusan Perhotelan di SMK PGRI 3 Badung tahun 2023/2024. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu eksperimen semu (quasy experiment). Penelitian ini mengikuti desain penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian non equivalent control group pretest posttest design. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 37, teknik sampling yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah Teknik group random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar mata pelajaran projek kreatif dan kewirausahaan sebelum diterapkan model pembelajaran problem based learning berbantuan media video interaktif adalah diperoleh nilai range sebesar 21, nilai minimum sebesar 56 dan nilai maksimum sebesar 77, pada nilai mean memperoleh sebesar 66,59, standar deviasi sebesar 6,265 dan variance sebesar 39,248, 2) Hasil belajar siswa sesudah diterapkan model pembelajaran problem based learning berbantuan media video interaktif dimana nilai range sebesar 12, pada nilai minimum sebesar 80 dan maksimum 92, nilai mean sebesar 85,97, standar deviasi sebesar 3,262 dan nilai variance sebsar 10,638, 3) Terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan media video interaktif terhadap hasil belajaar siswa mata pelajaran projek kreatif dan kewirausahaan dimana Pair 1 diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05, maka artinya terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa untuk Pre-Test kelas eksperimen dengan Post-Test kelas eksperimen. Pada output Pair 2 diperoleh signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05, maka artinya terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa untuk Pre-Test kelas kontrol dengan Post-Test kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, Problem Based Learning, Video Interaktif |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Administrasi Pendidikan (S2) |
Depositing User: | I MADE ARDITA |
Date Deposited: | 13 Feb 2024 03:29 |
Last Modified: | 13 Feb 2024 03:29 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18581 |
Actions (login required)
View Item |