Dewi, Desak Putu Novi Aristya (2024) Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Berbasis ICT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bola Voli Pada Peserta Didik Kelas VI SD Negeri 5 Gianyar Tahun Akademik 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1916011008-COVER.pdf Download (450kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1916011008-ABSTRAK.pdf Download (26kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1916011008-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (149kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1916011008-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (403kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1916011008-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (429kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1916011008-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (172kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1916011008-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (25kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1916011008-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (139kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1916011008-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Teknik dasar dalam permainan Bola Voli pada peserta didik kelas VI SD Negeri 5 Gianyar Tahun Akademik 2023/2024, melalui implementasi model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbasis ICT. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus yaitu dengan alur (1)Rencana tindakan, (2)Pelaksanaan tindakan, (3)Observasi/evaluasi, dan (4)Refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik yang berada pada kelas VI SD Negeri 5 gianyar yang berjumlah 33 orang. Instrumen penelitian terdiri atas pilihan ganda untuk aspek pengetahuan dan tes unjuk kerja untuk aspek keterampilan. Dimana siklus I diperoleh nilai peserta didik dengan rata-rata 69,4 pada aspek pengetahuan dan 68,8 pada aspek keterampilan, sedangkan hasil belajar siklus II diperoleh nilai peserta didik dengan rata-rata 91,3 pada aspek pengetahuan dan 87,8 pada aspek keterampilan. Hasil penilaian dari penelitian siklus I hingga penilaian siklus II, pada aspek pengetahuan dengan hasil 62,2% menjadi 90,9% sedangkan pada aspek keterampilan dengan hasil 54,5% menjadi 87,9%. Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik sudah sesuai dengan harapan peneliti dan masuk dalam kategori sangat baik dengan peningkatan hasil belajar peserta didik secara klasikal diperoleh dari 56,5% menjadi 89,4%, menunjukkan peningkatan sebesar 32,9%. Hal ini mengindikasikan bahwa model pembelajaran yang sesuai dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik salah satunya menggunakan model pembelajaran Pembelajaran Kooperatif tipe STAD berbasis ICT. Saran dalam penelitian ini antara lain sebagai berikut: model pembelajaran Pembelajaran Kooperatif tipe STAD berbasis ICT semestinya menjadi pilihan dari beberapa metode yang ada mengingat metode ini telah terbukti dapat memberikan latihan-latihan terhadap apa yang telah dipelajari peserta didik sehingga memperoleh suatu keterampilan tertentu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PJOK, Hasil Belajar, Bola Voli, Student Teams Achievement Division (STAD) |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | Desak Putu Novi Aristya Dewi |
Date Deposited: | 15 Feb 2024 06:42 |
Last Modified: | 15 Feb 2024 06:42 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18641 |
Actions (login required)
View Item |