PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS LITERASI DIGITAL MUATAN IPAS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 4 PATAS

Rismayani, Ni Kadek Feby Priska (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS LITERASI DIGITAL MUATAN IPAS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 4 PATAS. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031223-COVER.pdf

Download (433kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031223-ABSTRAK.pdf

Download (217kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031223-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (233kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031223-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031223-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031223-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (573kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031223-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031223-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (182kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031223-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini memiliki 3 tujuan, yaitu: (1) mendeskripsikan rancang bangun bahan ajar, (2) mengetahui validitas isi bahan ajar, dan (3) mendeskripsikan respon pengguna terhadap bahan ajar berbasis literasi digital muatan IPAS Siswa Kelas V Sekolah dasar. Bahan ajar adalah salah satu perangkat pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran yang memuat bahan pembelajaran. Salah satu penyebab siswa kurang memahami pembelajaran karena terbatasnya sumber belajar yang dimiliki siswa. Dalam pembelajaran siswa cenderung menggunakan satu bahan ajar sehingga siswa hanya memiliki satu sumber belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar yang dapat menambah pengetahuan mengenai pembelajaran dan literasi digital siswa kelas V sekolah dasar. Adapun model penelitian yang digunakan dalam pengembangan ini adalah ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan penelitian, yaitu tahap anlisis (analyze), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). Data dikumpulkan melalui penyebaran kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan valid ditinjau dari hasil penilaian ahli yang memperoleh indeks validitas sebesar 0,98 validitas ahli media pembelajaran dan ashli materi pembelajaran sebesar 0,96, sehingga dinyatakan memiliki validitas sangat valid, respon pengguna ditinjau dari hasil penilaian guru yang memperoleh hasil penilaian sebesar 97,5% dan respon siswa memperoleh hasil penilaian sebesar 94% sehingga bahan ajar dikategorikan sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Bahan Ajar, Literasi Digital, IPAS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Kadek Feby Priska Rismayani
Date Deposited: 16 Feb 2024 00:16
Last Modified: 16 Feb 2024 00:16
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18673

Actions (login required)

View Item View Item