Damayanti, Ni Luh Sri (2024) PENGEMBANGAN POP UP BOOK BERBASIS PROYEK BERMUATAN KEARIFAN LOKAL PADA MATA PELAJARAN IPAS UNTUK SISWA KELAS IV DI SDN 2 ABANG TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031016-COVER.pdf Download (658kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031016-ABSTRAK.pdf Download (138kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031016-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (258kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031016-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (327kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
2011031016-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (588kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031016-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031016-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (212kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031016-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (276kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031016-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Pop Up Book berbasis proyek yang efektif digunakan khususnya pada mata pelajaran IPAS materi tubuh tumbuhan dan fungsinya pada kelas IV SD. (1) Berdasarkan rancang bangun, penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, evaluation). Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, tes dan teknik analisis data digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial. (2) Berdasarkan hasil penilaian menurut ahli isi/materi pelajaran memperoleh skor 92,5% dengan kualifikasi sangat baik, ahli desain intruksional memperoleh skor 87,5% dengan kualifikasi baik, ahli media pembelajaran memperoleh skor 90% dengan kualifikasi sangat baik, uji coba perorangan kepada 3 peserta didik memperoleh skor 95,83% dengan kualifikasi sangat baik, dan uji coba kelompok kecil kepada 9 peserta didik memperoleh skor 97,16% dengan kaulifikasi sangat baik sehigga produk yang dikembangkan dengan kualifikasi sangat baik dan baik. (3) berdasarkan uji efektivitas menggunakan 33 peserta didik memperoleh thitung = 15,16 dan untuk ttabel db = 32 dengan taraf signifikan 5% = 1,69. Hal ini berarti thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan (5%) sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran. Dengan demikin dapat disimpulkan bahwa Pop Up Book berbasis proyek bermuatan kearifan lokal efektif digunakan pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD khususnya materi tubuh tumbuhan dan fungsinya. Kata Kunci: Pengembangan, Pop Up Book, Berbasis Proyek, Kearifan Lokal
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Pop Up Book, Berbasis Proyek, Kearifan Lokal |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Sri Damayanti |
Date Deposited: | 16 Feb 2024 06:24 |
Last Modified: | 16 Feb 2024 06:24 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18677 |
Actions (login required)
View Item |