Pratiwi, Made Yulia (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK BERBANTUAN ARTICULATE STORYLINE 3 UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA MUATAN SENI MUSIK KELAS IV SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031107-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031107-ABSTRAK.pdf Download (618kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031107-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (566kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031107-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (711kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031107-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (853kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031107-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031107-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (538kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031107-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (561kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031107-LAMPIRAN.pdf Download (12MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini memiliki empat tujuan, yaitu: menghasilkan rancang bangun media pembelajaran berbasis proyek berbantuan articulate storyline 3, menganalisis validitas isi media pembelajaran berbasis proyek, menganalisis respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis proyek, dan menganalisis efektivitas media pembelajaran berbasis proyek terhadap kreativitas siswa kelas IV SD. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE, yaitu: analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitiaan ini adalah media pembelajaran berbasis proyek, sedangkan objek penelitiannya yaitu validitas isi materi, desain, media, respon siswa, dan efektivitas media. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan angket/kuisioner. Pengumpulan data menggunakan instrument pedoman observasi, lembar rating scale, dan angket/kuisioner. Hasil penelitian menyatakan: media pembelajaran berbasis proyek yang dihasilkan menunjukkan indeks validitas dengan kualifikasi validitas isi tinggi, materi pada media pembelajaran berbasis proyek memperoleh indeks validitas dengan kualifikasi validitas isi tinggi, tingkat pencapaian respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis proyek berbantuan articulate storyline 3 dengan kualifikasi sangat baik, perolehan nilai signifikansi (2-tailed) pada uji-t berkorelasi mendapatkan skor sebesar 0,000 atau p < 0,05 (taraf signifikansi 5%), sehingga media pembelajaran berbasis proyek berbantuan articulate storyline 3 efektif guna meningkatkan kreativitas siswa kelas IV SD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Pengembangan, Media pembelajaran berbasis proyek berbantuan articulate storyline 3, Kreativitas siswa. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Made Yulia Pratiwi |
Date Deposited: | 16 Feb 2024 00:24 |
Last Modified: | 16 Feb 2024 00:24 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18678 |
Actions (login required)
View Item |