Swarmahardika, Ida Komang Putra (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SIKLUS AIR KELAS V DI SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031249_COVERR.pdf Download (615kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031249_ABSTRAK.pdf Download (221kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
2011031249_BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (227kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2011031249_BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (287kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
2011031249_BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (369kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031249_BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (806kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
2011031249_BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031249_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (179kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031249_LAMPIRAN.pdf Download (19MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Augmented Reality untuk meningkatkan pemahaman konsep siklus air kelas V SD yang valid, praktis dan efektif. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan (Research & Development) dan menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode dari pengumpulan data menggunakan instrument kuisioner dan tes objektif. Data dari validitas media bersumber dari ahli media pembelajaran dan ahli materi IPA SD. Data dari kepraktisan media bersumber pada praktisi (siswa) kelas V SD. Pengujian untuk mengukur efektivitas produk dilakukan dengan menggunakan desain one group pretest posttest pada jumlah sampel sebanyak 15 orang siswa kelas V SD. Hasil dari data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian media pembelajaran interaktif berbasis Augmented Reality untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep siklus air pada materi IPA kelas V SD, dinyatakan (1) valid ditinjau pada aspek isi, desain, dan media pembelajaran interaktif berbasis Augmented Reality; (2) praktis ditinjau dari perspektif praktisi siswa dengan sampel 15 orang siswa; (3) efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep siklus air pada materi IPA kelas V SD. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis Augmented Reality untuk meningkatkan pemahaman konsep siklus air kelas V SD yang telah dikembangkan, dinyatakan valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep siklus air, sehingga layak digunakan secara berkelanjutan pada kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Interaktif, Augmented Reality, Pemahaman, Siklus Air. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | IDA KOMANG PUTRA SWARMAHARDIKA |
Date Deposited: | 16 Feb 2024 01:05 |
Last Modified: | 16 Feb 2024 01:05 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18690 |
Actions (login required)
View Item |