PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI ETNOMATEMATIKA UPAKARA BALI BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATERI GEOMETRI DI KELAS II SEKOLAH DASAR

Pratiwi, Ni Luh Puspa (2024) PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI ETNOMATEMATIKA UPAKARA BALI BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATERI GEOMETRI DI KELAS II SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031027-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031027-ABSTRAK.pdf

Download (262kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031027-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (268kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031027-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (711kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031027-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (415kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031027-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031027-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031027-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (234kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031027-LAMPIRAN.pdf

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun, validitas, respon guru dan respon siswa terhadap media monopoli etnomatematika upakara Bali berbasis Augmented Reality pada materi geometri di kelas II Sekolah Dasar. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah dua orang dosen ahli materi, dua orang dosen ahli media, satu orang guru kelas II sebagai praktisi, 6 orang siswa kelas II pada uji coba perorangan dan 10 orang siswa kelas II pada uji coba kelompok kecil. Objek dalam penelitian ini adalah validitas serta kepraktisan dari media monopoli etnomatematika upakara Bali berbasis Augmented Reality. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation) karena memiliki tahapan yang sistematis dan mampu berpijak pada landasan teori desain pembelajaran. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, studi dokumen, dan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pengembangan media monopoli ini yaitu: (1) Rancang bangun media monopoli etnomatematika upakara Bali berbasis Augmented Reality, (2) Validitas media monopoli dinyatakan valid dan layak berdasarkan perolehan persentase ahli materi pembelajaran sebesar 97,5%, ahli media media pembelajaran sebesar 99% dengan kualifikasi sangat baik, (3) Respon guru kelas II Sekolah Dasar berdasarkan uji praktisi diperoleh persentase sebesar 100% dengan kualifikasi sangat baik, (4) Respon siswa berdasarkan uji coba perorangan diperoleh persentase sebesar 94,06% dan uji coba kelompok kecil sebesar 93,99% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media media monopoli etnomatematika upakara Bali berbasis Augmented Reality pada materi geometri di kelas II Sekolah Dasar sudah valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media monopoli, etnomatematika, geometri, augmented reality.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Luh Puspa Pratiwi
Date Deposited: 16 Feb 2024 02:28
Last Modified: 16 Feb 2024 02:28
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18717

Actions (login required)

View Item View Item