Dewi, Komang Rosiana (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN PERMAINAN GOBAK SODOR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SD NEGERI 1 CEMPAGA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031212-COVER.pdf Download (734kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031212-ABSTRAK.pdf Download (186kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031212-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (164kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031212-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (176kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031212-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (234kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031212-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (242kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031212-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (127kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031212-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (197kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031212-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini Bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh yang signifikan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila antara kelompok siswa yang dibelajarkan sebelum dengan sesudah dikenakan tindakan Model Pembelajaran TGT Berbantuan Permainan Gobak Sodor Pada Siswa Kelas IV di SDN 1 Cempaga. Penelitian ini ialah penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan rancangan Post-test Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas I-VI berjumlah 190 Siswa, kemudian dengan menggunakan purposive sampling sebagai penentuan untuk mendapatkan sampel kelas IV sebanyak 27 siswa. Data motivasi belajar siswa diperoleh menggunakan rubrik. Data skor motivasi belajar siswa dianalisis dengan menggunakan uji-t dengan taraf signifikasi 5% atau 0,05. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai thitung = 6.813 > ttabel = 2.059 dan nilai Sig. 0,000 < 0,05, akibatnya Hₒ ditolak Hɑ diterima. Jadi terdapat pengaruh terhadap motivasi belajar siswa yang mengikuti proses pembelajaran dengan model TGT berbantuan permainan gobak sodor kelas IV pada mata pelajaran pendidikan pancasila di SDN 1 Cempaga. Hal ini didukung oleh data empiris bahwa siswa yang mengikuti proses pembelajaran TGT berbantuan permainan gobak sodor lebih aktif dalam proses pembelajaran, mampu mengingat dan memahami konsep dari materi yang telah dipelajari serta mampu bekerja sama dengan team untuk menyelesaikan masalah yang diberikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Team Games Tournament, Permainan Tradisional,Motivasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Komang Rosiana Dewi |
Date Deposited: | 16 Feb 2024 07:01 |
Last Modified: | 16 Feb 2024 07:01 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18732 |
Actions (login required)
View Item |