Adnyana, I Gede Agus Adi (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA POWER POINT TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS V GUGUS IV SD KECAMATAN KEDIRI TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031175-COVER.pdf Download (557kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031175-ABSTRAK.pdf Download (51kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031175-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (218kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031175-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (241kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031175-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (633kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031175-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (437kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031175-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (63kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031175-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (187kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031175-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbantuan media power point terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V pada Gugus IV Kecamatan Kediri tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini ialah eksperiment semu dengan rancangan penelitian non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Gugus IV Kecamatan Kediri yaitu 206 total siswa. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik cluster random sampling yang memperoleh sampel yaitu siswa kelas V SDN 1 Kediri sebagai kelompok eksperimen dengan banyak siswa 30 orang dan siswa kelas V SDN 4 Kediri sebagai kelompok kontrol dengan banyak siswa 33 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode test dalam bentuk tes pilihan ganda dengan empat opsi jawaban yang terdiri dari 30 butir soal. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial (uji-t). Hasil analisis memperoleh rata-rata skor pre-test kelompok eksperimen 16,4 dengan kategori kurang, sedangkan rata-rata post-test pada kelompok eksperimen 21,9 dengan kategori cukup. Rata-rata pre-test kelompok kontrol 16,454 dengan kategori kurang, sedangkan rata-rata post-test kelompok kontrol 18,363 dengan kategori kurang. Berdasarkan hasil analisis uji-t, diperoleh t-hitung = 3,717 > t-tabel = 1,99 pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 61 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima yaitu terdapat perbedaan yang signifikan pada kompetensi pengetahuan IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbantuan media power point dengan siswa yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbantuan media power point. Berdasarkan hasil yang telah dijelaskan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbantuan media power point terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V pada Gugus IV Kecamatan Kediri tahun pelajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kompetensi pengetahuan IPA, Inkuiri Terbimbing, power point |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Gede Agus Adi Adnyana |
Date Deposited: | 16 Feb 2024 07:07 |
Last Modified: | 16 Feb 2024 07:07 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18747 |
Actions (login required)
View Item |