Sembiring, Meramis (2024) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 SAWAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1915051005-COVER.pdf Download (416kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1915051005-ABSTRAK.pdf Download (92kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1915051005-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (135kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
1915051005-BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
1915051005-BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (541kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1915051005-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (372kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
1915051005-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (25kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1915051005-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (95kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1915051005-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman siswa terhadap implementasi profil pelajar pancasila terkhusu pada enam dimensi profil pelajar pancasila. Dikarenakan kurangnya pemanfaatan media pembelajaran yang diberikan oleh pendidik, metode mengajar yang digunakan guru monoton ceramah dan lebih berfokus pada text book. Oleh karena itu, diperlukan adanya sebuah media pembelajaran interaktif yang dapat membantu guru dalam menyampaikan materi terhadap siswa dan mempermudah siswa dalam memahami dan mewujudkan Profil Pelajar Pancasila, khususnya melalui pendidikan karakter. Penelitian ini merupakan jenis penelitian research and Development (R&D) dengan model pengembangan MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Hasil kevalidan yang diperoleh dari penelitian berdasarkan uji ahli isi serta uji ahli media memperoleh nilai rata-rata sebesar 1,00 yang termasuk ke dalam kategori “Sangat Tinggi”. Kemudian hasil pengujian efektifitas memperoleh nilai N-Gain sebesar 0,7818 yang termasuk dalam kriteria “Tinggi”. Hasil perhitugan data penyebaran angket respon siswa didapatkan rata-rata 88% termasuk ke dalam kriteria “Baik”. Sehingga pengembangan multimedia pembelajaran interaktif pada implementasi profil pelajar pancasila dalam membentuk karakter siswa kelas VII layak digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia Pembelajaran Interaktif, Profil Pelajar Pancasila |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Meramis Sembiring |
Date Deposited: | 20 Feb 2024 02:29 |
Last Modified: | 20 Feb 2024 02:29 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18766 |
Actions (login required)
View Item |