Yasa, I Putu Suasta (2024) EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN INKLUSI DI SD BALI HATI. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
2229031017-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2229031017-ABSTRAK.pdf Download (357kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229031017-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (411kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229031017-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (674kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229031017-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (615kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229031017-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (795kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2229031017-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (357kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229031017-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (369kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2229031017-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mampu mendeskripsikan evaluasi program pendidikan inklusi di SD Bali Hati baik dalam hal perencanaan (context), strukturisasi organisasi (input), perjalanan program (process) serta hasil atau lulusan yang dihasilkan (product). Populasi dalam penelitian ini adalah guru kelas (wali kelas), orang tua peserta didik, guru mata pelajaran dan guru GPK. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik pusposive sampling (sampling menurut tujuan) yang berjumlah 33 orang. Penelitian ini dirancang dalam bentuk penelitian evaluasi dengan menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan model CIPP. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dengan skala LIKERT dengan menggunakan sheclist dan setiap pernyataan memiliki bobot masing-masing, jumlah pernyataan sebanyak 37 butir. Disamping itu juga menggunakan metode wawancara tidak terstruktur (unstructured interview) dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan hasilnya menunjukkan bahwa: (1) Efektifitas pelaksanaan program pendidikan inklusi di SD Bali hati yang ditinjau dari conteks diperoleh hasil efektif (+). Dengan rata-rata variabel konteks adalah 34 < 34,85 ≤ 35,7 dan berada pada kategori Sedang. (2) Efektifitas pelaksanaan program pendidikan inklusi di SD Bali hati yang ditinjau dari input diperoleh hasil efektif (+). Dengan rata-rata variabel input 48,6 < 49,64 ≤ 50,7 dan berada pada kategori sedang. (3) Efektifitas pelaksanaan program pendidikan inklusi di SD Bali hati yang ditinjau dari process diperoleh hasil efektif (+). Dengan rata-rata variabel process 50 < 50,97 ≤ 51,9 berada pada kategori Sedang. (4) Efektifitas pelaksanaan program pendidikan inklusi di SD Bali hati yang ditinjau dari product diperoleh hasil efektif (+). Dengan rata-rata variabel Product 22 < 22,54 ≤ 23,1 berada pada kategori sedang. (5) Hasil evaluasi secara bersama-sama terhadap pelaksanaan program pendidikan inklusi di SD Bali Hati ditinjau dari conteks, input, process, product memperoleh hasil efektif (+ + + +). Jadi secara keseluruhan mendapatkan hasil (+ + + +) sangat efektif. Dengan demikian, hasil dari penelitian tersebut dapat dijadikan sebagai indikator dari kualitas program pendidikan inklusi yang sudah berjalan di SD Bali Hati ditinjau dari perencanaan (context), strukturisasi organisasi (input), perjalanan program (process) serta hasil atau lulusan yang dihasilkan (product).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | CIPP, evaluasi program, pendidikan inklusi |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Administrasi Pendidikan (S2) |
Depositing User: | I Putu Suasta Yasa |
Date Deposited: | 17 Feb 2024 23:01 |
Last Modified: | 17 Feb 2024 23:01 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18776 |
Actions (login required)
View Item |