Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPA SMP

Warmadewi, Ida Ayu Putu Nova (2024) Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPA SMP. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2123071014-COVER.pdf

Download (711kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2123071014-ABSTRAK.pdf

Download (54kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2123071014-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (118kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2123071014-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2123071014-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (472kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2123071014-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (411kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2123071014-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2123071014-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2123071014-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan perbedaan keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif antara peserta didik yang belajar menggunakan Project Based Learning (PjBL) dan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran IPA. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan non-equivalent pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 1 Marga, Kabupaten Tabanan Tahun Ajaran 2022/2023. Pengambilan sampel penelitian berdasarkan teknik simple random sampling berdasarkan kelas dengan mengambil empat kelas sebagai sampel untuk kelas eksperimen dan kontrol. Instrumen penelitian yaitu lembar observasi keterampilan proses sains dan tes hasil belajar kognitif. Data dalam penelitian ini berupa skor keterampilan proses sains peserta didik dan skor hasil belajar kognitif yang dianalisis berdasarkan analisis deskriptif dan uji Multivariate Analysis of Covariance (MANCOVA). Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) secara simultan terdapat perbedaan keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif antara peserta didik yang belajar menggunakan Project Based Learning (PjBL) dan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran IPA, (2) terdapat perbedaan keterampilan proses sains antara peserta didik yang belajar menggunakan Project Based Learning (PjBL) dan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran IPA, dan (3) terdapat perbedaan hasil belajar kognitif antara peserta didik yang belajar menggunakan Project Based Learning (PjBL) dan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran IPA. Kelompok peserta didik yang belajar menggunakan Project Based Learning (PjBL) menunjukkan keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif pada mata pelajaran IPA lebih unggul dibandingkan kelompok peserta didik yang belajar dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: keterampilan proses sains, hasil belajar kognitif, model Project
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S2)
Depositing User: Ida Ayu Putu Nova Warmadewi
Date Deposited: 19 Feb 2024 03:20
Last Modified: 19 Feb 2024 03:20
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18827

Actions (login required)

View Item View Item