Anandaska, I Gst Pt Ngr Arya Garbha (2024) INVESTIGATION OF THE EFFECT OF TBLT-BASED DIGITAL STORYBOOK ON STUDENTS’ ENGLISH LEARNING IN SMA N 1 GEROKGAK. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2012021102-COVER.pdf Download (812kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2012021102-ABSTRAK.pdf Download (186kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012021102-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (178kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012021102-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (269kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2012021102-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (414kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012021102-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (340kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2012021102-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012021102-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (183kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2012021102-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan Buku Cerita Digital Berbasis TBLT terhadap pembelajaran bahasa Inggris siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas XII SMA Negeri di Kecamatan Gerokgak. Dua kelas yang tidak menggunakan media pengajaran secara optimal dipilih sebagai sampel penelitian secara purposif. Berdasarkan hasil pengundian, X11 Bahasa 1 terpilih sebagai kelompok eksperimen yang diajarkan menggunakan Buku Cerita Digital Berbasis TBLT, sedangkan XII Bahasa 2 sebagai kelompok kontrol yang diajarkan menggunakan konvensional (metode guru). Data dikumpulkan melalui post-test yang kemudian dianalisis dengan menggunakan SPSS 27.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kedua kelompok, dimana kelompok eksperimen memperoleh hasil yang lebih baik dibandingkan kelompok kontrol. hasil signifikan MANOVA menunjukkan pengaruh signifikan secara simultan terhadap kompetensi bahasa Inggris siswa. Hasil tersebut juga didukung dengan hasil tes antar mata pelajaran bahwa siswa yang belajar dengan TBLT lebih termotivasi untuk belajar dan meningkatkan 4 kemampuan bahasa inggrisnya. Hal ini menunjukkan bahwa TBLT efektif untuk membantu siswa meningkatkan prestasi bahasa Inggrisnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | TBLT, Buku Cerita Digital, Metode Pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | I Gst Pt Ngr Arya Garbha Anandaska |
Date Deposited: | 19 Feb 2024 09:32 |
Last Modified: | 19 Feb 2024 09:32 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18885 |
Actions (login required)
View Item |