Artawan, I Gst Ayu Putu Ananda Santhika (2024) THE IMPLEMENTATION OF LEARNING ENGLISH WITH FLASHCARDS ON VOCABULARY MASTERY OF AUTISM SPECTRUM DISORDER (ASD) STUDENTS. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2012021107-COVER.pdf Download (496kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2012021107-ABSTRAK.pdf Download (102kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012021107-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (191kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012021107-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (236kB) |
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
2012021107-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (562kB) |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012021107-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (841kB) |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2012021107-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (109kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012021107-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (233kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2012021107-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media flashcard terhadap penguasaan kosakata terkait kemampuan mengenal dan menyebutkan kosakata anggota keluarga dan anggota tubuh pada siswa autis di TK Aura Sukma Insani. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain A-B-A Single n. Subjek penelitian ini adalah seorang siswa autis ringan yang berusia 6 tahun. Pengumpulan data menggunakan tes unjuk kerja, observasi, dan dokumentasi selama pelaksanaan baseline-1, intervensi, dan baseline-2. Data yang dianalisis adalah pengaruh penggunaan flashcard dan respon subjek terhadap flashcard. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, selama penerapan flashcard pada intervensi menunjukkan respon subjek yang positif, yaitu siswa aktif dan antusias dalam mengikuti pembelajaran serta mampu mengikuti instruksi dan fokus jika tidak ada gangguan internal maupun eksternal. Selain itu, terdapat peningkatan pada kemampuan subjek dalam menyebutkan kosakata. Pada baseline-1, subjek dapat menyebutkan 6 kosakata anggota keluarga dan 8 kosakata anggota tubuh. Pada intervensi subjek dapat menyebutkan 13 kosakata anggota keluarga dan 17 kosakata anggota tubuh. Dan pada baseline-2 subjek dapat menyebutkan 13 kosakata anggota keluarga dan 18 kosakata anggota tubuh. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menyebutkan kosakata pada subjek setelah diberikan intervensi dengan menggunakan flashcard. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media flashcard berpengaruh terhadap penguasaan kosakata pada siswa autis di TK.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Belajar Bahasa Inggris, Flashcards, Penguasaan Kosakata, Siswa Autisme |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | I Gst Ayu Putu Ananda Santhika Artawan |
Date Deposited: | 20 Feb 2024 06:54 |
Last Modified: | 20 Feb 2024 06:54 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18947 |
Actions (login required)
View Item |