Setiawati, I Gusti Ayu Indah (2024) INVESTIGATION OF THE EFFECT OF TBLT-BASED DIGITAL STORYBOOK ON STUDENTS’ ENGLISH LANGUAGE LEARNING IN SMP NEGERI 6 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2012021012-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2012021012-ABSTRAK.pdf Download (203kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012021012-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (206kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012021012-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (362kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2012021012-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (406kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012021012-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (356kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2012021012-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (159kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012021012-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (234kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2012021012-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki efektivitas Buku Cerita Digital berbasis TBLT pada pembelajaran bahasa Inggris siswa di SMPN 6 Singaraja dibandingkan dengan strategi pembelajaran guru. Desain penelitian dari penelitian ini adalah kuasi-eksperimental dengan post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMPN 6 Singaraja tahun ajaran 2023/2024 dengan jumlah populasi 354 siswa yang terbagi dalam 10 kelas yang berbeda. Dua kelas dipilih sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol melalui teknik random sampling. Data dikumpulkan melalui post-test yang kemudian dianalisis secara statistik menggunakan MANOVA pada program SPSS versi 27. Hasil penelitian menunjukkan, Buku Cerita Digital berbasis TBLT berpengaruh signifikan terhadap pembelajaran bahasa Inggris siswa secara simultan terutama pada kompetensi menyimak, membaca dan menulis dengan nilai signifikansi uji MANOVA lebih kecil dari 0,05. Dan untuk kompetensi berbicara, dengan hasil Test of Between-Subjects Effects menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,089 yang lebih tinggi dari 0,05 menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan dari Buku Cerita Digital berbasis TBLT terhadap kompetensi berbicara siswa. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti motivasi siswa, durasi perlakuan, ukuran kelas yang besar dan keterbatasan metode yang digunakan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Buku Cerita Digital berbasis TBLT memiliki dampak yang signifikan terhadap pembelajaran bahasa Inggris siswa secara simultan terutama pada peningkatan kemampuan menyimak, membaca, dan menulis. Sementara itu, hasil penelitian ini dapat menjadi dasar untuk penelitian lebih lanjut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode TBLT, Buku Cerita berbasis Digital, Pembelajaran Bahasa Inggris Simultan. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | I Gusti Ayu Indah Setiawati |
Date Deposited: | 20 Feb 2024 04:08 |
Last Modified: | 20 Feb 2024 04:08 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18970 |
Actions (login required)
View Item |