Dipa, Putu Sora (2024) EFEKTIFITAS IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) PADA SMA NEGERI 3 SINGARAJA TAHUN 2023. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2229131018-COVER.pdf Download (327kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2229131018-ABSTRAK.pdf Download (62kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229131018-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (70kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229131018-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229131018-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (143kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229131018-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (268kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2229131018-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (46kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229131018-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (188kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2229131018-LAMPIRAN.pdf Download (581kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) efektifitas implementasi manajemen berbasis sekolah (MBS) pada aspek kemandirian; (2) efektifitas implementasi MBS pada kemitraan; (3) efektifitas implementasi MBS pada partisipasi masyarakat; (4) efektifitas implementasi MBS pada transparansi; (5) efektifitas implementasi MBS pada akuntabilitas; (6) efektifitas implementasi MBS pada SMA Negeri 3 Singaraja. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 80 orang responden dari SMA Negeri 3 Singaraja. Metode pengumpulan data berupa kuesioner yang mencakup 5 aspek implementasi MBS. Instrumen penelitian ini adalah lembar kuesioner yang terdiri atas 128 pernyataan dan penilaian dengan skala likert. Analisis data dilaksanakan dengan teknik analisis kuantitatif dengan kriteria kuadran Glickman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi MBS pada aspek kemandirian (I), aspek kemitraan (P), aspek transparansi (O), dan aspek akuntabilitas (A) termasuk pada klasifikasi sangat efektif dengan kualitas nilai T-skor bernilai Positif (+); implementasi MBS pada aspek partisipasi masyarakat (P) termasuk pada klasifikasi cukup efektif dengan kualitas nilai T-skor bernilai Negatif (-); serta; implementasi MBS pada SMA Negeri 3 Singaraja Tahun 2023 memperoleh kualitas nilai T-skor (+ + - + +) dengan kategori efektif. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa efektivitas implementasi manajemen berbasis sekolah pada SMA Negeri 3 Singaraja Tahun 2023 berjalan efektif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektifitas, Implementasi, MBS |
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Ilmu Manajemen (S2) |
Depositing User: | Putu Sora Dipa |
Date Deposited: | 21 Feb 2024 02:36 |
Last Modified: | 21 Feb 2024 02:36 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19016 |
Actions (login required)
View Item |