STUDENTS’ PERCEPTION AND CHALLENGES ON THE USE OF SELF-ASSESSMENT IN ENGLISH WRITING COMPETENCE AT SMP LABORATORY UNDIKSHA

Agustini, Ni Putu Lia (2024) STUDENTS’ PERCEPTION AND CHALLENGES ON THE USE OF SELF-ASSESSMENT IN ENGLISH WRITING COMPETENCE AT SMP LABORATORY UNDIKSHA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2012021136-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2012021136-ABSTRAK.pdf

Download (201kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012021136-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (181kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012021136-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI)
2012021136-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012021136-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2012021136-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 DAFTAR PUSTAKA)
2012021136-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB)
[img] Text
2012021136-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

STUDENTS’ PERCEPTION AND CHALLENGES ON THE USE OF SELF-ASSESSMENT IN ENGLISH WRITING COMPETENCE AT SMP LABORATORY UNDIKSHA Oleh: Ni Putu Lia Agustini, NIM 2012021136 English Language Department, Ganesha University of Education, Singaraja E-mail: lia.agustini@undiksha.ac.id ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi siswa terhadap penggunaan penilaian diri dalam meningkatkan kompetensi menulis di SMP Laboratory Undiksha. Penelitian ini melibatkan siswa dari kelas 7 dan 8 untuk mengidentifikasi pandangan mereka terhadap penggunaan self-assessment dan tantangan yang mereka hadapi. Metode penelitian menggunakan suvey dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui survei dan wawancara dan dianalisis menggunakan metode tematik analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa cenderung memiliki persepsi positif terhadap penerapan self-assessment, siswa menjadi lebih percaya diri untuk merancang tulisan, memotivasi siswa untuk meningkatkan kualitas tulisannya dengan kesadaran diri sehingga akan memenuhi ekspetasi siswa dalam menulis sehingga memudahkan siswa untuk menentukan strategi belajar yang berkelanjutan dan dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa. Namun, terdapat beberapa tantangan yang terindentifikasi seperti siswa masih merasa bingung dalam menilai tulisannya, kurangnya pemahaman terhadap kriteria penilaian serta kekhawatiran siswa dalam menerima umpan balik konstruktif dan refleksi diri. Kata Kunci: Persepsi siswa, Penilaian diri, kompetensi menulis, SMP

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Students’ perception, self-assessment, writing competence, Junior High School
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Ni Putu Lia Agustini
Date Deposited: 21 Feb 2024 01:15
Last Modified: 21 Feb 2024 01:15
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19081

Actions (login required)

View Item View Item