Naraswari, Ida Ayu Made Diah (2024) Efektivitas Konseling Singkat Berfokus Solusi untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial-Emosional dan Psychological Well-Being Siswa SMP. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2229111006-COVER.pdf Download (531kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2229111006-ABSTRAK.pdf Download (68kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229111006-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (171kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229111006-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (293kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229111006-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (496kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229111006-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (345kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2229111006-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (68kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229111006-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (209kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2229111006-LAMPIRAN.pdf Download (837kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menemukan (1) efektivitas konseling singkat berfokus solusi untuk meningkatkan keterampilan sosial-emosional siswa SMP, (2) efektivitas konseling singkat berfokus solusi untuk meningkatkan psychological well-being siswa SMP, dan (3) efektivitas konseling singkat berfokus solusi secara simultan meningkatkan keterampilan sosial-emosional dan psychological well-being siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Subjek dalam penelitian ini adalah 64 siswa SMP di Kecamatan Bangli. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini meliputi (1) kuesioner keterampilan sosial-emosional, (2) skala psychological well-being, dan (3) panduan konseling singkat berfokus solusi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui statistik parametrik ANOVA satu jalur dan MANOVA. Hasil penelitian ini menemukan bahwa (1) konseling singkat berfokus solusi efektif untuk meningkatkan keterampilan sosial-emosional siswa SMP, (2) konseling singkat berfokus solusi efektif untuk meningkatkan psychological well-being siswa SMP, dan (3) konseling singkat berfokus solusi efektif secara simultan meningkatkan keterampilan sosial-emosional dan psychological well-being siswa SMP. Temuan dalam penelitian ini berimplikasi terhadap penggunaan model konseling singkat berfokus solusi sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan non-kognitif dan meningkatkan kesehatan psikologis siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konseling singkat berfokus solusi, keterampilan sosial-emosional, psychological well-being |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Bimbingan Konseling (S2) |
Depositing User: | Ida Ayu Made Diah Naraswari |
Date Deposited: | 21 Feb 2024 05:43 |
Last Modified: | 21 Feb 2024 05:43 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19102 |
Actions (login required)
View Item |