PENGEMBANGAN E-BOOK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SEKOLAH DASAR

Semara, I Putu Trisna Angga (2024) PENGEMBANGAN E-BOOK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2229041027-COVER.pdf

Download (708kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2229041027-ABSTRAK.pdf

Download (200kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229041027-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (292kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229041027BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (474kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229041027-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (552kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229041027-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2229041027-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229041027-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2229041027-LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

Kemampuan berpikir kritis siswa tergolong rendah yang diakibatkan kurang adanya inovasi pada strategi pembelajaran. Sehingga, tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan produk inovatif e-book berbasis PBL untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini berjenis penelitian dan pengembangan (R&D) dan menerapkan ADDIE sebagai model pengembangan. Data diperoleh dengan metode non-tes kuesioner dan tes pilihan ganda. Data dianalisis dengan formula Gregory dan uji-t berkorelasi sehingga penelitian ini menggunakan model one grup pretest-posttet. Design. Hasil analisis data diperoleh sebagai berikut; 1) ahli materi diperoleh skor 93,74 dengan kualifikasi sangat baik dan ahli media pembelajaran diperoleh skor 92.70 dengan kualifikasi sangat baik. 2) hasil kepraktisan oleh guru diperoleh skor 90,25 dengan kualifikasi sangat baik dan kepraktisan oleh guru diperoleh skor 95,41 dengan kualifikasi sangat baik. 3) hasil uji efektifitas menunjukkan hasil bahwa produk sangat mempengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa dengan hasil uji-t sebesar 77,29 dengan hasil sig. (2 tailed) menunjukkan bahwa hasilnya adalah 0,000 (Sig < 0,05) serta memperoleh effect size yang berada pada kriteria sangat efektif. Adapun lintasan belajar dalam penelitian ini yaitu pertama siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, kedua siswa dibagikan E-Book yang dikembangkan dan mendiskusikannya dengan anggota kelompoknya, ketiga siswa menemukan masalah yang berbeda tiap kelompok dan diberikan solusi berupa scaffolding, keempat siswa mempresentasikan didepan kelas sesuai dengan masukan sehingga E-Book efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan hasil analisis data uji produk oleh para ahli (ahli materi, ahli media pembelajaran, kepraktisan oleh guru dan siswa dapat disimpulkan bahwa E-Book Berbasis Problem Based Learning memperoleh predikat layak, praktis, dan efektif mempengaruhi kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran IPAS kelas V SD.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: E-Book, PBL, berpikir kritis, IPAS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: I Putu Trisna Angga Semara
Date Deposited: 22 Feb 2024 01:11
Last Modified: 22 Feb 2024 01:11
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19181

Actions (login required)

View Item View Item