Suastini, Ni Nengah (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS V SD GUGUS II KECAMATAN KUTA UTARA KABUPATEN BADUNG. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2229041037-COVER.pdf Download (724kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2229041037-ABSTRAK.pdf Download (218kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229041037-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (237kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229041037-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (387kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229041037-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (389kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229041037-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (426kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2229041037-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (105kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229041037-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (192kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2229041037-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing terhadap minat dan hasil belajar Pendidikan Pancasila Siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen semu dengan rancangan post-test only non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus II Kecamatan Kuta Utara yang berjumlah 166 siswa. Sampel penelitian ini untuk kelas eksperimen yaitu SD 1 Tibubeneng berjumlah 28. Sedangkan untuk kelas kontrol SD 2 Tibubeneng berjumlah 28. Metode pengumpulan data minat menggunakan kuesioner minat dan data hasil belajar dikumpulkan dengan tes hasil belajar. Data dianalisis dengan menggunakan Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan yang signifikan minat antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Snowball Throwing dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Gugus II Kecamatan Kuta Utara (dari hasil uji Anava satu jalur dapat diketahui bahwa diperoleh nilai sig. sebesar 0,001 < 0,05; (2) terdapat perbedaan hasil belajar Pendidikan Pancasila antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Snowball Throwing dan model pembelajaran konvensional yaitu diperoleh nilai sig. hasil analisis menunjukan nilai sig. = 0,001< 0,05, (3) diketahui bahwa, nilai sig. 0,001 < 0,05. Ini berarti secara simultan atau secara bersama-sama minat dan hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa meningkat pada siswa yang mengikuti model pembelajaran Snowball Throwing. Jadi, disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing memberi pengaruh terhadap minat dan hasil belajar Pendidikan Pancasila Siswa kelas V SD Gugus II Kecamatan Kuta Utara.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Snowball Throwing, minat, hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Ni Nengah Suastini |
Date Deposited: | 21 Feb 2024 08:20 |
Last Modified: | 21 Feb 2024 08:20 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19191 |
Actions (login required)
View Item |