PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENULIS BAHASA INDONESIA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR

SIDIASIH, NYOMAN (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENULIS BAHASA INDONESIA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2229041060_COVER.pdf

Download (796kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2229041060_ABSTRAK.pdf

Download (241kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
2229041060_BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (542kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2229041060_BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (761kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
2229041060_BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229041060_BAB IV HASIL DAN PEMABAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (585kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
2229041060_BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229041060_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (200kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2229041060_LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Sidiasih, Nyoman (2023), Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menulis Bahasa Indonesia Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh: Pembimbing I: Prof. Dr. I Nyoman Sudiana, M.Pd. dan Pembimbing II: Prof. Dr. Ida Bagus Putrayasa, M.Pd. Kata Kunci: flashcard digital, hasil belajar menulis Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Flashcard digital untuk meningkatkan hasil belajar menulis bahasa Indonesia siswa kelas II Sekolah Dasar.Penelitian ini melibatkan 60 siswa sebagai subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan model Borg and Gall yaitu model pengembangan R&D yang terdiri dari 10 tahapan., yaitu Research and information collecting ( Penelitian dan Pengumpulan Data), Planning (Perencanaan), Develop Preliminary form of product (Pengembangan Draft Produk ), Preliminary field testing (Uji coba Lapangan Awal), Main product revision (Merevisi Hasil Uji Coba), Main field testing (Pengujian Lapangan Utama), Operational product revision (Penyempurnaan produk hasil uji lapangan), Operational field testing (Uji pelaksanaan Lapangan operational), Final product revision (Penyempurnaan produk akhir), Dissemination and implementation. Namun dalam penelitian ini hanya mengembangkan sampai tahap kelima. Media pembelajaran ini divalidasi oleh 4 ahli, yaitu 2 ahli media dan 2 ahli materi. Hasilnya media pembelajaran ini sangat valid dengan koefisien validitas sebesar 1. Uji lapangan dilakukan uji kepraktisan dan uji efektivitas. Hasil uji kepraktisan menunjukkan bahwa media flashcard digital dikategorikan sangat praktis, baik dari sisi guru maupun siswa dengan rata-rata skor 4,93. Hasil uji efektivitas menunjukkan media flashcard digital terkategorikan efektif, dengan N-Gain 0, 80.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: flashcard digital, hasil belajar menulis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Nyoman Sidiasih
Date Deposited: 22 Feb 2024 00:14
Last Modified: 22 Feb 2024 00:14
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19252

Actions (login required)

View Item View Item