Rahmawati, Ni Made Dina (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL BERKEARIFAN LOKAL BERBASIS GOOGLE SITES PADA TOPIK TUMBUHAN SUMBER KEHIDUPAN DI BUMI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2229041035-COVER.pdf Download (772kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2229041035-ABSTRAK.pdf Download (401kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229041035-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (421kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229041035-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (532kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229041035-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229041035-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2229041035-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (351kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229041035-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (320kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2229041035-LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
Salah satu perangkat pembelajaran yang dapat dikembangkan dalam pemanfaatan teknologi di bidang pendidikan adalah bahan ajar digital. Kegiatan pembelajaran menggunakan bahan ajar digital dengan mengintegrasikan kearifan lokal sangat baik diterapkan untuk siswa sekolah dasar. Namun pada kenyataan, penggunaan bahan ajar digital sangat minim digunakan di tingkat sekolah dasar. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar digital berkearifan lokal berbasis google sites yang valid, praktis, dan efektif pada topik tumbuhan sumber kehidupan di bumi terhadap hasil belajar siswa kelas IV sekolah dasar. Jenis penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan model ADDIE dengan metode pengumpulan data kuesioner dan tes. Subjek penelitian ini adalah bahan ajar digital berkearifan lokal berbasis google sites dan objek dalam penelitian ini adalah validitas, kepraktisan dan efektivitas. Uji coba produk dilaksanakan oleh uji ahli, guru dan siswa. Instrumen penelitian berupa kuesioner validitas, kuesioner kepraktisan, dan tes hasil pretest dan posttest. Analisis data menggunakan uji-t yaitu paired samples test. Hasil penelitian adalah validitas isi instrumen melalui ahli materi 95,5% dan validitas ahli media 95,5 %. Kepraktisan oleh guru 97% serta kepraktisan oleh siswa 97,5% sehingga layak dan praktis digunakan. Berdasarkan hasil belajar pretest dan postest terdapat peningkatan dari rata-rata 41,15 menjadi 85,77. Simpulan bahan ajar digital berkearifan lokal berbasis google sites dikembangkan dengan menggunakan website yang terdapat pada fitur google dinyatakan valid, praktis dan dinyatakan efektif meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV sekolah dasar yang dapat dilihat dari aspek kognitif pemahaman siswa terhadap materi tumbuhan sumber kehidupan di bumi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bahan ajar digital, kearifan lokal, google sites |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Ni Made Dina Rahmawati |
Date Deposited: | 22 Feb 2024 03:24 |
Last Modified: | 22 Feb 2024 03:24 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19273 |
Actions (login required)
View Item |