Sudiartini, Ni Nyoman (2024) PENGEMBANGAN POSTER EDUKASI BERBASIS KONSEP GAMIFIKASI SEBAGAI MEDIA BELAJAR INTERAKTIF TENTANG MATERI IPA KELAS VI SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2229041051-COVER.pdf Download (592kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2229041051-ABSTRAK.pdf Download (99kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229041051-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (121kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229041051-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229041051-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (313kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229041051-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (669kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2229041051-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (113kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229041051-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (171kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2229041051-LAMPIRAN.pdf Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan rancang bangun poster edukasi berbasis konsep gamifikasi pada pembelajaran IPA, (2) mengetahui validitas media poster edukasi berbasis gamifikasi pada pembelajaran IPA, (3) mengetahui kepraktisan media poster edukasi berbasis gamifikasi pada pembelajaran IPA, dan (4) mengetahui efektivitas media poster edukasi yang dikembangkan terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Model ADDIE terdiri atas analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Model penelitian diuji oleh 2 ahli media yang bergelar profesor dan 2 ahli materi yang bergelar doktor, untuk menguji kepraktisan melibatkan 3 orang guru dan 5 orang siswa, dan untuk menguji efektifitas dengan popolasi 56 orang siswa kelas VI SD No.4 Ungasan. Objek penelitian ini adalah media poster edukasi berbasis gamifikasi. Metode pengumpulan data berupa kuesioner dan tes. Instrumen penelitian berupa lembar kuisioner validitas, lembar kuisioner kepraktisan, dan tes hasil belajar IPA. Analisis data dilaksanakan secara deskriptif kualitatif dan deskripsitif kuantitatif dengan skala (0 – 100 ) dan uji t satu sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Rancang bangun poster edukasi IPA berbasis gamifikasi didesain menggunakan aplikasi canva sehingga menghasilkan sebuah produk yang mudah diakses secara manual maupun digital. Hasil produk poster dicetak pada kertas berukuran A1 disusun dalam 1 halaman dan ada permainan ular tangga yang sangat menarik dan menantang bagi siswa; (2) Validitas materi dan media pada poster edukasi IPA berbasis gamifikasi pada pembelajaran IPA siswa kelas VI SD memperoleh hasil validitas sangat valid dengan ahli materi 90,7 dan validitas ahli media 95; (3) Kepraktisan poster edukasi IPA berbasis gamifikasi pada pembelajaran IPA memperoleh hasil kepraktisan guru sebesar 97,3 dan hasil kepraktisan oleh siswa sebesar 100 dengan kategori sangat praktis dan; (4) Dari segi efektifitas, media poster berbasis gamifikasi yang dikembangkan telah efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VI SD No. 4 Ungasan.Simpulan dari penelitian ini adalah media poster edukasi berbasis konsep gamifikasi sebagai media belajar interaktif tentang materi IPA kelas VI sekolah dasar sangat valid,praktis, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | gamifikasi, interaktif, media, poster, IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Ni Nyoman Sudiartini |
Date Deposited: | 21 Feb 2024 23:24 |
Last Modified: | 21 Feb 2024 23:24 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19284 |
Actions (login required)
View Item |