Adnyana, I Made Sujana (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MEDIA KONTEKSTUAL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD GUGUS II KECAMATAN KARANGASEM TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2229041010-COVER.pdf Download (928kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2229041010-ABSTRAK.pdf Download (82kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229041010-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (182kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229041010-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (245kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229041010-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (407kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229041010-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (424kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2229041010-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229041010-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (243kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2229041010-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif group investigation berbantuan media kontekstual terhadap motivasi dan hasil belajar. Jenis peneltian ini adalah eksperimen semu dengan populasi seluruh kelas IV SD Gugus II Kecamatan Karangasem sebanyak 204 siswa. Sampel dipilih secara rnadom. Untuk kelas eksperimen terpilih SD 4 Bugbug, SD 5 Bugbug, dan SD 4 Pertime. Untuk kelas kontrol terpilih SD 1 Pertime, SD 5 Subagan, dan SD 6 Subagan. Desain penelitian yang digunakan yaitu post-test only control group design. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner mengukur motivasi dan tes pilihan ganda mengukur hasil belajar. Data dianalisis menggunakan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif group investigation berbantuan media kontekstual terhadap motivasi pada nilai sig. 0,001<0,05; (2) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif group investigation berbantuan media kontekstual terhadap hasil belajar matematika pada sig. 0,004<0,05; (3) terdapat pengaruh secara simultan model pembelajaran kooperatif group investigation berbantuan media kontekstual terhadap motivasi dan hasil belajar matematika pada nilai sig. 0,001<0,05. Berdasarkan temuan penelitian, disarankan kepada guru untuk melaksanakan model model pembelajaran kooperatif group investigation berbantuan media kontekstual. Kepada kepala sekolah dan komite sekolah disarankan untuk memfasilitasi pelaksanaan model model pembelajaran kooperatif group investigation berbantuan media kontekstual.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | group investigation, motivasi, hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | I Made Sujana Adnyana |
Date Deposited: | 22 Feb 2024 13:31 |
Last Modified: | 22 Feb 2024 13:31 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19383 |
Actions (login required)
View Item |