HUBUNGAN ANTARA PENGUASAAN KALIMAT EFEKTIF DENGAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS IV SD NEGERI 27 PEMECUTAN DENPASAR TAHUN AJARAN 2023/2024

Juniari, Made (2024) HUBUNGAN ANTARA PENGUASAAN KALIMAT EFEKTIF DENGAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS IV SD NEGERI 27 PEMECUTAN DENPASAR TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031121-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031121-ABSTRAK.pdf

Download (434kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031121-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (257kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031121-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (456kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031121-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (718kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031121-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (668kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031121-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031121-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (367kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031121-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penguasaan kalimat efektif siswa SD belum optimal diterapkan pada diri siswa. Konteks ini menyulitkan siswa untuk menulis teks prosedur dan menentukan kalimat efektif. Menentukan apakah ada korelasi yang signifikan antara kemampuan menggunakan kalimat efektif dan kemampuan menulis teks prosedur pada siswa kelas IV SD sebagai tujuan studi ini. Penelitian ex post facto ini melibatkan 117 siswa kelas IV dari 4 SD. Pengumpulan data dilakukan melalui tes. Data penelitian ini dianalisis melalui analisis statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil analisis diperoleh rxy hitung = 0,288 dengan rxy tabel = 0,180 yang berarti rxy hitung > rxy tabel, sehingga Ha yang menyatakan siswa kelas IV SD menunjukkan korelasi yang signifikan antara kemampuan menulis teks prosedur dan penguasaan kalimat yang efektif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks prosedur berkaitan dengan kemampuan mereka dalam menguasai materi kalimat yang efektif. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa kemampuan menulis teks prosedur dipengaruhi oleh sejumlah faktor, termasuk kemampuan dalam menggunakan kalimat secara efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata-kata kunci : kalimat efektif, teks prosedur
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Made Juniari
Date Deposited: 23 Feb 2024 04:00
Last Modified: 23 Feb 2024 04:00
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19402

Actions (login required)

View Item View Item