PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL BERBASIS MASALAH MATA PELAJARAN IPAS MATERI INDONESIAKU KAYA HAYATINYA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 UBUNG DENPASAR

Mardiana, I Nyoman Aditya (2024) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL BERBASIS MASALAH MATA PELAJARAN IPAS MATERI INDONESIAKU KAYA HAYATINYA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 UBUNG DENPASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031182-COVER.pdf

Download (829kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031182-ABSTRAK.pdf

Download (70kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031182-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (178kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031182-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
2011031182-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031182-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031182-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031182-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (169kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031182-LAMPIRAN.pdf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun media komik digital berbasis masalah mata pelajaran IPAS, (2) mengetahui kelayakan media komik digital berbasis masalah mata pelajaran IPAS, dan (3) mengetahui efektivitas media komik digital berbasis masalah mata pelajaran IPAS. Penelitian pengembangan komik digital ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dan tes. Data tersebut dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistik inferensial uji-t. Hasil penelitian pengembangan ini menyimpulkan bahwa komik digital berbasis masalah yang dikembangkan layak dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran dibuktikan dari: (1) hasil uji ahli rancang bangun diperoleh skor 90,90% (sangat baik) (2) kelayakan media komik digital berbasis masalah berdasarkan hasil uji ahli materi pembelajaran diperoleh skor 100% (sangat baik), ahli desain pembelajaran dan ahli media pembelajaran diperoleh skor 97,50% (sangat baik), uji perorangan diperoleh skor 93,33% (sangat baik), uji kelompok kecil diperoleh skor 89,72% (baik), serta (3) hasil uji efektivitas dengan uji-t memperoleh t-hitung = 20,614 > t-tabel = 1,708 pada taraf signifikansi 5% untuk dk = 25 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah menggunakan media komik digital berbasis masalah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk media komik digital berbasis masalah layak dan efektif untuk diterapkan pada mata pelajaran IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial), khususnya pada materi Indonesiaku kaya hayatinya kelas V SD.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: ADDIE, Komik Digital, IPAS, Keanekaragaman Hayati
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Nyoman Aditya Mardiana
Date Deposited: 23 Feb 2024 08:07
Last Modified: 23 Feb 2024 08:07
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19427

Actions (login required)

View Item View Item